Apel Operasi Zebra Toba 2023, Kapolres Samosir: Operasi Ini Untuk Menjamin Keamanan Dan Ketertiban Lalu Lintas

Apel Operasi Zebra Toba 2023, Kapolres Samosir: Operasi Ini Untuk Menjamin Keamanan Dan Ketertiban Lalu Lintas

Hendri
By -
0

Polres Samosir

Bicaranews.com | SAMOSIR - Kapolres Samosir, AKBP Yogie Hardiman, SH SIK MH pimpin apel gelar pasukan Operasi Zebra Toba 2023 di lapangan Apel Mako Polres Samosir, yang terletak di Jalan Danau Toba, Kelurahan Pasar Pangururan, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Senin (4/9/2023).

Dalam apel tersebut Kapolres turut didampingi Kasat Lantas AKP Yuswanto, SH, dan Komandan Apel Kanit Reg Ident Sat Lantas IPDA Imam Munandar Siregar, SH dan dihadiri oleh sejumlah pejabat penting, termasuk Staf Ahli Setda Kabupaten Samosir, Mewakili Dandim 0210/TU, Kadishub Samosir, Kadis Kesehatan Kabupaten Samosir, Mewakili Kasatpol PP Kabupaten Samosir, dan Danramil 3 Pangururan.

Peserta Apel berasal dari berbagai unsur, seperti Para Kabag, Kasat, Kapolsek, Perwira, Koramil Kabupaten Samosir, Sat Sabhara Polres Samosir, Sat Lantas Polres Samosir, serta berbagai instansi lainnya seperti Sat Pam Obvit, Sat Samapta, Bhabinkamtibmas, Dinas Perhubungan Kabupaten Samosir, dan Sapol PP Kabupaten Samosir.

Dalam amanatnya, Kapolda Sumatera Utara menyoroti pentingnya operasi ini dalam menangani masalah keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas di Sumatera Utara. Data statistik yang disampaikan menunjukkan urgensi dari operasi ini untuk mengurangi angka pelanggaran lalu lintas dan kecelakaan.

Operasi Zebra Toba 2023 bukan hanya penegakan hukum semata, tetapi juga menekankan pendekatan edukatif, persuasif, dan humanis dalam menangani pelanggaran lalu lintas. 

Sasaran operasi mencakup delapan prioritas pelanggaran, seperti pengemudi yang menggunakan handphone saat berkendara, tidak menggunakan helm atau safety belt, Pengendara dibawah umur, berkendara dibawah pengaruh alkohol/mabuk, melawan arus lalu lintas, berkendara roda dua dengan boncengan lebih dari satu orang, berkendara melebihi batas kecepatan, berkendara dengan knalpot blong/brong.

"Personel yang terlibat dalam operasi ini diminta untuk selalu menjalankan tugas dengan memprioritaskan keselamatan dan keamanan. Mereka juga diharapkan menjadi teladan dalam berlalu lintas dan memberikan kontribusi positif kepada masyarakat," ungkap Kapolres.

AKBP Yogie Hardiman menegaskan bahwa tujuan utama dari operasi ini adalah meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mematuhi peraturan berlalu lintas, sehingga menciptakan lalu lintas yang lebih aman dan tertib.

Apel gelar pasukan ini berlangsung hingga pukul 09.00 WIB dan menandai dimulainya pelaksanaan Operasi Zebra Toba 2023 yang akan berlangsung selama 14 hari, dari 4 hingga 17 September 2023, dengan tema "kamseltibcarlantas yang kondusif menuju pemilu damai 2024 di wilayah Provinsi Sumatera Utara".

Rangkaian Apel berjalan dengan tertib, melibatkan berbagai tahapan mulai dari laporan Perwira Upacara hingga penghormatan pasukan. Tanda Operasi juga disematkan kepada personel yang akan bertugas dalam Operasi Zebra Toba 2023. (Bn)


Pewarta : Maruli

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)