Pimpin Apel Lounching Polisi RW, Kapolres Tapteng Tekankan Tugas Pokok

Pimpin Apel Lounching Polisi RW, Kapolres Tapteng Tekankan Tugas Pokok

Hendri
By -
0

Polres Tapteng

Bicaranews.com | TAPTENG - Dalam rangka menjaga Kamtibmas yang aman dan kondusif diwilayah Kabupaten Tapteng, Polres tugaskan personilnya sebagai pengemban Polisi RW (Rukun Warga).

Kegiatan tersebut diawali melalui apel Launching Polisi RW Polres Tapanuli Tengah yang dilaksanakan di lapangan Apel Mapolres Tapteng, Kamis (31/8/2023) Pukul 09.00 Wib. Dipimpin langsung Kapolres Tapteng dihadiri oleh PJ Bupati Kabupaten Tapanuli Tengah Dr. Elfin Elyas, M.Si, CRGP, CGCAE, CFRA dan dihadiri oleh Danramil Pandan, Camat Badiri, Para Lurah, Pejabat Polres Tapteng dan personil Polisi RW Polres Tapteng.

Kapolres Tapteng AKBP Basa Emden Banjarnahor, SIK MH dalam amanatnya menyampaikan bahwa sebanyak 242 Personil

Polres Tapanuli Tengah ditugaskan sebagai Polisi RW diwilayah Kabupaten Tapanuli Tengah Yang Terdiri dari 155 Lingkungan dan 85 Dusun.

"Nantinya Polisi Rw ini merupakan sarana komunikasi untuk mendengar keluh kesah yang ada ditengah-tengah masyarakat, membantu petugas Bhabinkamtibmas yang menetap bertugas" Ucap Kapolres.

Kapolres Tapteng menyampaikan keterbatasan jumlah personil Polres Tapteng yang berjumlah 323 personil, tidak mencukupi untuk menghadirkan 1 Polisi 1 lingkungan di Kabupaten Tapanuli Tengah yang terdiri dari 20 Kecamatan, 56 Kelurahan, 159 Desa, 286 lingkungan dan 589 Dusun, maka totalnya diperlukan 875 Personil Untuk Menjadi Polisi Rw. 

Selain itu, Kapolres Tapteng juga menekankan beberapa tugas pokok dari  Polisi RW, yakni bermitra dengan masyarakat dalam mendeteksi dan mengindentifikasi permasalahan Kamtibmas di kelurahan, Lingkungan, Desa dan Dusun serta menemukan pemecah masalah.

Kemudian, bersama dengan masyarakat mengatasi masalah sosial dengan tindakan preventif dan preemtif sehingga tidak menjadi masalah hukum atau mengganggu Kamtibmas.

Selanjutnya, pemolisian masyarakat meningkatkan efektifitas disetiap wilayah demi terciptanya situasi yang aman dan kondusif.

Kegiatan diakhiri dengan foto bersama dan ramah tamah antara Polisi RW dan Kepling atau Kepala Dusun masing masing dimana mereka bertugas. (Humas Polres Tapteng). 

Tags:

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)