Bupati Taput Serahkan SK Pengakuan Dan Perlindungan Masyarakat Hukum Adat Pansurbatu Kecamatan Adiankoting

Bupati Taput Serahkan SK Pengakuan Dan Perlindungan Masyarakat Hukum Adat Pansurbatu Kecamatan Adiankoting

Hendri
By -
0

Bicaranews.com | TAPUT - Bupati Tapanuli Utara Dr.Drs. Nikson Nababan, M.Si di didampingi pimpinan OPD terkait dan Uspika Adiankoting menyerahkan SK Bupati Tapanuli Utara tentang Pengakuan dan Perlindungan Masyarakat Hukum Adat (MHA) Pansurbatu Kecamatan Adiankoting Kabupaten Tapanuli Utara, bertempat di Lapangan Bola Pansurbatu, Kamis (20/7/2023). Turut hadir Tokoh Masyarakat/Adat, Komunitas MHA dan selurus Kepala Desa Adiankoting.

Dalam arahannya Bupati Nikson Nababan menyampaikan bahwa Pemkab Tapanuli Utara sangat serius dalam usaha Pengakuan dan Perlindungan MH, hal ini ditunjukkan dengan adanya delapan komunitas usulandf calon MHA tahun 2023 yang telah melalui pelaksanaan tahap identifikasim dan tahap verifikasi dan validasi. 

Adapun delapan komunitas usulan calon MHA tersebut yaitu : a). komunitas kenegerian Lumbantoruan, Desa Bonanidolok, Kecamatan Purbatua, b). Komunitas Kenegerian Siunggas, Desa Hutanagodang, Robean, Sidua Bahal, Sibulan-bulan, Kecamatan Purbatua, c). Komunitas Kenegerian Janji Angkola, Desa Selamat, Purbatua, Pardomuan Janji Angkola, Parsaoran Janji Angkola, Janji Nauli, Kecamatan Purbatua, d). Komunitas Bona Ni Dolok, Desa Sabungan Ni Huta V dan Siabalabal IV, Kecamatan Sipahutar, e). Komunitas Simardangiang, Desa Simardangiang, Kecamatan Pahae Julu, f). Komunitas Pansurbatu, Desa Pansurbatu II, Kecamatan Adiankoting, g). Komunitas Sitolu Ompu, Desa Sitolu Ompu, Kecamatan Pahae Jae, h). Komunitas Bonandolok Debataraja, Desa Hutatinggi, dan Kecamatan Parmonangan 

Sebagai tindak lanjut pelaksanaan kegiatan verifikasi dan validasi yang telah dilaksanakan panitia MHA Kabupaten Tapanuli Utara terhadap delapan komunitas tersebut maka terbitlah SK Bupati nomor 451 tahun 2023 tentang pengakuan dan perlindungan MHA Pansurbatu ini.

“Selanjutnya untuk SK terhadap enam komunitas MHA yang lain telah saya tandatangani dan akan segera saya serahkan langsung ke komunitas yang bersangkutan, hingga saat ini total MHA yang telah mendapat SK Pengakuan dan Perlindungan MHA adalah sebanyak sepuluh komunitas dengan luas areal wilayah adat kurang lebih 38.456,648 hektar. Selain itu perlu kami beritahukan bahwa kegiatan verifikasi dan validasi terhadap MHA di Kabupaten Tapanuli Utara kan tetap berjalan dengan adanya permohonan baru dari komunitas masyarakat adat yang ada di Kabupaten Tapanuli Utara,” ujar Bupati.

“Pesan saya nantinya dalam pengelolaan SDA yang ada di wilayah adat Pansurbatu ini tetap berpegang teguh pada prinsip kekeluargaan serta musyawarah untuk mufakat atau dalam Bahasa Batak disebut “Dos Ni Roha Sibaen Na Saut” karena sesuai dengan Namanya ini merupakan kesatuan kelompok masyarakat yang disatukan oleh adat istiadat yang hidup di dalamnya,” lanjut Bupati.

“Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara sangat mendukung penuh kegiatan pengakuan dan perlindungan MHA, dengan harapan setelah MHA telah mendapat pengakuan dan perlindungan nantinya akan meningkatkan ekonomi masyarakat karena telah menjadi “tuan di tanah sendiri” serta berperan aktif dalam pemberdayaan masyarakat khususnya masyarakat desa yang masih kental dengan kebudayaan dan adat istiadatnya, saya harap MHA Pansurbatu Adiankoting dapat semakin termotivasi dalam mengelola SDA  yang berada diwilayah adatnya” tutup Bupati.

Dikesempatan itu salah satu tokoh masyarakat Bapak Hutapea mendapatkan kesempatan menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara khususnya Bupati Nikson Nababan.

“Bapak Bupati yang kami cintai dan banggakan, saat ini kami masyarakat Pancurbatu yang terdiri dari tiga desa penerima MHA, mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya atas perjuangan Bapak untuk kami, kami doakan selalu yang terbaik buat Bapak kedepannya untuk rencana-rencana Bapak yang sangat mulia, membaktikan hidup kepada masyarakat, bangsa dan negara, kiranya Tuhan memberikan berkat yang melimpah dan umur yang Panjang buat Bapak dan keluarga Bapak dan memberkati Bapak dalam segala hal,” ungkapnya.

Dikesempatan yang sama Ketua Pengurus Harian AMAN Wilayah Tano Batak Jhontoni Tarihoran memberikan sambutannya.

“Kami dari pengurus organisasi mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya secara khusus untuk Bapak Bupati Nikson Nababan yang telah banyak bekerja keras dan pengakuan dan perlindungan hak masyarakat adat di Tapanuli Utara. Pak Bupati dan Pak Kadis Lingkungan Hidup yang tidak pernah Lelah bekerja hingga terbitlah SK Pansurbatu ini. Hal ini menjadi keberuntungan masyarakat Tapanuli Utara, karena belajar dari Kabupaten lain yang tidak mudah mendapatkan SK MHA. SK ini harus disertai dengan kerja keras untuk kemudian mewujudkan kesejahteraan di Pancurbatu dan Tapanuli Utara,” ungkapnya. (t/bn) 


Pewarta : David Lumbantoruan

Tags:

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)