Bobby A Nasution Inginkan Bangunan Warenhuis Dikembalikan ke Wujud Aslinya - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

Bobby A Nasution Inginkan Bangunan Warenhuis Dikembalikan ke Wujud Aslinya

Bobby Nasution

Bicaranews.com|Medan - Tidak sedikit bangunan bersejarah di Kota Medan yang kondisinya sangat menyedihkan. Selain dibiarkan terbengkalai dan tidak terurus, bahkan ada yang telah dihancurkan dan kemudian diubah bentuknya. Salah satunya, bangunan bersejarah Warenhuis  di Jalan Ahmad Yani VII, Kelurahan Kesawan, Kecamatan Medan Barat. 

Bangunan tua yang dulunya merupakan supermarket pertama di Kota Medan sudah lama dibiarkan terbengkalai, sehingga konstruksi bangunan banyak yang rusak.

Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution SE MM tidak ingin bangunan Warenhuis dibiarkan terus terbengkalai. Apalagi salah satu program prioritas utamanya yakni membenahi dan menata seluruh bangunan heritage di Kota Medan, terkhusus kawasan Kesawan yang akan dimulai dengan bangunan Warenhuis. 

Pagi tadi, Rabu (17/3/2021), Wali Kota langsung meninjau bangunan yang didirikan sekitar tahun 1916 dan kini telah berusia 105 tahun tersebut. Orang nomor satu di Pemko Medan itu, ingin menata bangunan bergaya arsitektur Eropa untuk mengembalikan wujud aslinya. Wali Kota ingin bangunan Warenhuis yang menjadi salah satu kekayaan arsitektural Kota Medan harus diselamatkan.

Keinginan Wali Kota langsung ditindaklanjuti OPD terkait di lingkungan Pemko Medan yang berkolaborasi untuk melakukan pembersihan. Di samping itu juga, Pemko Medan sudah berkolaborasi dengan kementerian terkait untuk memperkuat pembenahan kawasan heritage Kesawan. 

Ditegaskan Wali Kota, revitalisasi kawasan heritage Kesawan untuk kepentingan masyarakat, bukan yang lain-lain. Jika revitalisasi selesai, Wali Kota berencana memindahkan pelaku UMKM di bangunan Warenhuis tanpa mengubah bentuk aslinya. 

Di samping itu, Wali Kota juga ingin menjadikan Kesawan sebagai pusat kuliner yang akan membawa Kota Medan menjadi The Kitchen of Asia.(rel/bn)

Diberdayakan oleh Blogger.