Marga Situmorang Berangkatkan Sabam Manalu Menuju DPD RI Pada Pemilu 2024

Marga Situmorang Berangkatkan Sabam Manalu Menuju DPD RI Pada Pemilu 2024

Redaksi
By -
0

Bicaranews.com|Doloksanggul - Calon Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI), Sabam Parulian Parsaoran Manalu, SE.,MAP didoakan dan diberangkatkan marga Situmorang untuk beratarung di Pemilu 2024 mendatang.

Pemberangkatan ditandai dengan penyerahan ikan mas (Diupa-upa) dan menyematkan ulos (mangulosi) oleh Marga Situmorang kepada Sabam Manalu di Gedung Serbaguna Tumorang, Doloksanggul, Kamis (17/8/2023).

"Kami keluarga tulang mu, sangat bangga dan berharap agar apa yang bere kami cita-citakan dapat terwujud menjadi Anggota DPD RI periode 2024-2029. Kami mendoakan, Tuhan yang memberkati," kata juru bicara Marga Situmorang dalam acara tersebut.

Pada kesempatan itu, perwakilan undang yang juga perwakilan lintas marga di Humbahas Bapak Simanulang juga memberikan semangat dan motivasi kepada Sabam Manalu. Menurutnya, Sabam Manalu   sudah layak menjadi wakil rakyat di pusat, sebab Putra Daerah itu sudah banyak mengharumkan nama baik kampung halamannya.

Tokoh muda yang telah terbukti selama ini berjuang untuk kaum marjinal, khususnya warga buruh yang ada di kawasan Pelabuhan Belawan, akan memberikan dampak lebih besar jika duduk dan turut berperan dalam lingkup pemerintahan pusat.

Turut hadir Ketua PTMBB Humbahas Bapak Niko Manalu, Ny Manalu Rumondang br Situmorang, Maradona Manalu, RJM Manalu, Sanggul Manalu dan tokoh Manalu serta  Lintas marga, pengurus KNPI Humbahas, para serikat pekerja dan OKP yang ada di Humbahas.

Pada kesempatan itu, Sabam Manalu mengatakan bahwa proses dengan kerja keras akan membuahkan hasil yang baik. Hal itu yang dia rasakan ketika harus putus sekolah dan memulai pekerjaan sebagai tenaga bongkar muat di pelabuhan.

"Saya dari lumpur yang berkat kemurahan dan pertolongan Tuhan, saat ini bisa bersama dengan kita semua di sini. Jadi saya tahu rasaya bagaimana tidak punya apa-apa. Saya sangat terharu jika hari ini, keluarga tulang, oppung ku turut mendoakan dan memberangkatkan saya. Dengan doa, pasti kemenangan akan menjadi milik kita," ungkapnya didampingi Sekretaris Umum Tim Pemenangan Adol F. Rumaijuk, STP.,MMA, Jimran Manalu,SP, Martin Manalu, Sahat H. Nasution,MSi, dan para sahabat dari Kabupaten Tapanuli Utara.

Lahir dari keluarga sederhana, Namun memiliki segudang pengalaman perjalanan kehidupan yang dilaluinya, Sabam Manalu yang kini sebagai Ketua Primkop TKBM Upaya Karya Pelabuhan Belawan selalu memikirkan cara untuk mengangkat derajat para pekerja buruh di lingkungannya.

Diantaranya memprogramkan pembangunan rumah layak huni gratis bagi para anggota Primkop TKBM yang dia pimpin. Sekitar 3.000 unit rumah telah terbangun dan dibagikan.

Bahkan, Sabam Manalu yang juga Ketua OKK badan pengawas INKOP TKBM se Indonesia tengah merencanakan pembangunan sekolah yang bertaraf unggulan bagi anak-anak buruh. Keprihatinan bagi kaum marjinal bukan saja isapan jempol semata, Sabam Manalu aktif di serikat buruh bahkan kini menjabat sebagai Sekretaris Jenderal DPP Federasi Serikat Pekerja Transport Indonesia (FSPTI).

Dia juga aktif di kegiatan sosial kemasyarakatan seperti Pengurus Yayasan Universitas HKBP Nommensen, Ketua Umum Marga Manalu se Indonesia (PTMBB), Wakil Sekretaris Jenderal Pertina Pusat, Ketua Pertina Sumatera Utara, Ketua Persatuan Umat Kristen Griya Martubung Sekitarnya (PUKGMS), Ketua Pomparan Raja Bolon Simbolumbol Datunapunjung (RBS), Majelis Pekerja Sinode HKBP, dan kesemuanya itu dilakukannya sebagai bentuk upaya untuk memperjuangkan para kaum marjinal di berbagai golongan kemasyarakatan.

Sabam bertekad sebagaimana tekad orang Batak, bahwa seorang anak yang telah diberangkatkan oleh orangtua dan sanak saudara ke perantauan/pertempuran, dia tidak akan pulang jika belum memperoleh kemenangan/kesuksesan.

"Itu yang menjadi tekad saya, jika hari ini tulang saya, oppung saya dan semua kita disini memberangkatkan saya, maka saya akan berangkat dan akan pulang jika sudah berhasil memperoleh kemenangan," ujarnya disambut tepuk tangan oleh undangan.

Dalam kesempatan itu, Sabam Manalu didampingi rombongan melantik Ketua Tim Pemenangan di Kabupaten Humbang Hasundutan yang diketuai James Purba. Sabam berharap, tim pemenangan akan mendukung penuh proses sosialisasi dan suksesi di pemilihan suara nantinya.

"Ini adalah tim kabupaten yang pertama dikukuhkan, saya berharap bisa bekerja dengan sungguh-sungguh dan dengan hati yang tulus," ujarnya.

Sabam menjelaskan bahwa untuk memperoleh kesempatan duduk di DPD RI dari Sumatera Utara yang memiliki 10 juta lebih DPT dan 21 calon DPD RI, harus memperoleh dukungan suara di TPS yang cukup besar. Dengan sebaran calon pemilih di 33 Kabupaten/Kota yang ada di Sumatera Utara.

"Ini akan menjadi kerja berat jika kita tidak saling menopang, namun akan sangat ringan saat semua tim dan keluarga benar-benar mensosialisasikan calon," ujarnya.

James Purba juga menyatakan kesiapannya sebagai tim pemenangan di Humbahas dan bersedia mensosialisasikan dan memenangkan Sabam Parulian Parsaoran Manalu, SE.,MAP di Humbang Hasundutan. (PeB/bn)

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)