Kapolres Langkat Melaksanakan Apel Kasat Kamling Bersama Forcopimda

Kapolres Langkat Melaksanakan Apel Kasat Kamling Bersama Forcopimda

Hendri
By -
0

Kapolres Langkat AKBP Faisal Rahmat H Menyerahkan Hadiah Bagi Pemenang Sat Kamling Tingkat Polres Langkat
Bicaranews.com | LANGKAT - Menjelang peringatan HUT Bhayangkara ke 77 guna meningkatkan Harkamtibmas menjelang pemilu tahun 2024. Kapolres Langkat melaksanakan Ketua Satuan Keamanan Lingkungan (Kasat Kamling), bertempat di Lapangan Jananuraga Polres Langkat, Rabu (21/6/2023) Pukul 08.30 Wib.

Kapolres Langkat AKBP Faisal Rahmat Husein, SIK SH MH mengatakan sesuai amanat Kapolri. Bahwa, apel yang kita laksanakan hari ini merupakan salah satu upaya Polri untuk mempercepat upaya Revitalisasi Sat kamling. Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan semangat dan mengoptimalisasikan peran awak Satkamling. Dalam mengembangkan fungsi kepolisian terbatas guna memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat secara swakarsa.

Situasi Kamtibmas yang kondusif merupakan salah satu prasyarat utama dalam terselenggaranya pembangunan nasional. Dalam mewujudkan cita - cita luhur bangsa Indonesia. Tentunya, berbagai dinamika tantangan tersebut kita harus hadapi bersama dengan mengedepankan kolaborasi dan partisipasi aktif masyarakat.

Oleh karenanya, Polri terus mengembangkan potensi masyarakat melalui pengamanan swakarsa sebagai upaya memperkuat sistem keamanan lingkungan. Hal ini sejalan dengan program transformasi menuju Polri yang presisi tepatnya pada kebijakan," ujar Kapolres Langkat.

Transformasi operasional program ke - 5 dan kegiatan ke - 21 yaitu peningkatan peran aktif pamswakarsa dilingkungan atau wilayah kerjanya, dan pemantapan pembinaan pamswakarsa. Salah satu bentuk pamswakarsa yang dibawah pembinaan Polri adalah Satuan Keamanan Lingkungan atau Satkamling.

Kehadiran Satkamling sebagai salah satu bentuk pengamanan swakarsa juga telah diatur dalam Pasal 3 ayat (1) huruf c UU No. 2 Tahun 2002. Tentang Polri yang menjelaskan bahwa dalam penyelenggaraan tugas Polri dibantu oleh Kepolisian khusus, PPNS, dan bentuk - bentuk pengamanan swakarsa," ucap Kapolres Langkat.

"Polri juga telah menerbitkan Perpol No. 4 Tahun 2020 tentang pengamanan swakarsa sebagai landasan hukum dan penegasan tugas serta tanggung jawab dalam penyelenggaraan kegiatan Satkamling.

Diketahui, Satkamling adalah garda terdepan disetiap lingkungan RT / RW pada Kelurahan / Desa. Oleh karena itu, kehadirannya diharapkan mampu menjadi "Early Warning" terhadap potensi kejahatan dan dapat melakukan tindakan pencegahan secara cepat sebagai bagian dari pemolisian yang prediktif," katanya lagi. 

Masyarakat memiliki peran mandiri yang signifikan dalam menjaga keamanan dan keteraturan lingkungan serta menyelesaikan permasalahan demi kenyamanan bersama. Kutipan dari penyair Amerika Serikat bernama Ralph Waldo Emerson, bahwa The Most Powerful security syatem is the one you build within yourself (Sistem keamanan yang paling kuat adalah sistem yang anda bangun di dalam diri sendiri).

Bahwa, Satkamling juga harus bersinergi dengan TNI / Polri dan pemangku kepentingan lainnya, sehingga pelaksanaan tugas dilapangan dapat berjalan dengan optimal. Kehadiran Satkamling harus betul - betul bisa menjadi cooling sistem dilingkungannya masing - masing. 

Jangan ada perpecahan karena perbedaan pilihan, karena persatuan dan kesatuan bangsa adalah hal yang utama yang harus dipertahankan," tegas Kapolres Langkat.

Kita harus mendukung penyelenggaraan pesta demokrasi, karena keberhasilan ini akan menjadi lompatan besar bagi Indonesia. Bagi mewujudkan demokrasi yang mapan dalam menyongsong visi Indonesia emas. Berdasarkan data Satkamling yang telah divalidasi oleh Korbinmas Baharkam Polri pada awal tahun 2023. Menunjukkan bahwa dari total 230.028 Pos Satkamling. Hanya 60 persen yang aktif atau sebanyak 134.753 Pos Satkamling.

"Sedangkan 95.275 Pos Satkamling dinyatakan tidak aktif. Oleh karena itu, diperlukan peran dari seluruh masyarakat dan stakeholder terkait untuk melakukan upaya Revitalisasi Satkamling. Dengan mengaktifkan serta memberdayakan kembali Satkamling yang ada di lingkungannya masing -masing. Mampu membentuk Satkamling baru sesuai target yang telah disepakati bersama," lanjutnya. 

Sebagai upaya akselerasi, Polri telah mengadakan lomba Satkamling mulai tingkat Polres, Polda hingga nasional. Dipenghujung apel, Kapolres Langkat mengucapkan selamat bagi para pemenang tingkat Polres dan Polda yang akan diumumkan setelah pelaksanaan apel ini.

Kegiatan dilanjutkan dengan simulasi penanganan TPTKP oleh Sat Kamling Desa Suka Maju Kecamatan Tanjung Pura, Langkat. Kemudian foto bersama dengan para pemenang lomba Sat Kamling tingkat Polres Langkat. (Bn) 


Pewarta : H. Simare - mare


Tags:

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)