Bupati Toba Resmikan Gedung Baru UPT Puskesmas Ajibata - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

Bupati Toba Resmikan Gedung Baru UPT Puskesmas Ajibata

Bicaranews.com|TOBA - Bupati Toba, Ir. Poltak Sitorus didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Toba, Ny. Rita Marlina Poltak Sitorus resmikan gedung baru UPT Puskesmas Ajibata yang berada di Desa Pardamean, Selasa (08/02/2022)

Kegiatan diawali dengan ibadah singkat dan mendengarkan Firman Tuhan yang dibawakan oleh Pdt. Januari Sirait, M.Th dengan khotbah yang diambil dari Matius 20:29-34.

Selesai ibadah singkat, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Toba, Candrow Manurung yang juga turut hadir diberi kesempatan menyampaikan sambutan

Dalam sambutannya, Candrow menyampaikan beberapa poin penting dengan harapan dapat terwujud yang diantaranya Puskesmas Ajibata dapat lebih berperan dalam mendukung pelayanan kesehatan di Kabupaten Toba oleh karena Ajibata sebagai salah satu pintu masuk yang strategis menuju Kabupaten Toba dan juga Ajibata adalah pusat dari kegiatan Pemerintah Pusat dalam hal ini BPODT, fasilitas yang belum memadai dapat segera dilengkapi melalui penganggaran yang sesuai dari Pemkab Toba.

Dilanjutkannya, bahwa untuk dapat memberikan pelayanan prima, SDM yang handal dibutuhkan dengan menambah beberapa dokter dan tenaga perawat. Harapannya juga, bagi perusahaan perusahaan yang ada disekitar Kecamatan Ajibata dapat membangun komunikasi dengan Puskesmas Ajibata terkait fasilitas BPJS.

"Bangunan telah luar biasa namun mari kita jaga dan rawat sebaik baiknya, bukan hanya para dokter dan perawat tetapi juga masyarakat yang menikmati pelayanan puskesmas untuk dapat juga merawat puskesmas ini," lanjut Candrow Manurung.

Sedangkan Bupati Toba dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur sekaligus bangga atas selesainya pembangunan gedung baru Puskesmas Ajibata yang representatif.

"Pembangunan puskesmas merupakan bagian penting dari upaya pemerintah untuk meningkatkan layanan kesehatan bagi masyarakat dengan harapan masyarakat semakin mudah mendapatkan pelayanan kesehatan yang cepat, dekat, berkualitas dan memuaskan," tambah Bupati Poltak Sitorus

Bupati Poltak Sitorus mengingatkan bahwa aspek kesehatan adalah hal yang sangat fundamental karena dapat berdampak signifikan terhadap sektor lainnya.

"Lihat saja Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini, berkembang dari masalah kesehatan menjadi masalah sosial, ekonomi, dan keuangan global," jelasnya.

Dalam tujuan upaya pencapaian pembangunan kesehatan, Bupati Toba menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Toba memiliki strategi untuk mencapai peningkatan derajat kesehatan yakni melalui program akses jaminan sosial dan kesehatan bagi masyarakat sebagai salah satu diantara delapan program unggulan yang akan diwujudkan melalui kegiatan pemberian jaminan kesehatan total 100% bagi masyarakat dan ketersediaan dokter untuk seluruh puskesmas pembantu di Kabupaten Toba  

Untuk itu, lanjutnya lagi,  kami berharap keberadaan puskesmas hendaknya dapat menjadi ujung tombak tercapainya keberhasilan pelaksanaan pembangunan kesehatan di Kabupaten Toba dan menciptakan kesehatan yang prima dan terjangkau guna mendukung tercapainya visi pembangunan kesehatan Kabupaten Toba. 

"Selanjutnya kami berpesan kepada para petugas puskesmas baik dokter dan tenaga kesehatan lainnya untuk terus termotivasi dan semangat dalam tugasnya memberikan pelayanan kesehatan dengan sikap yang ramah, tulus dan ikhlas sehingga pelayanan kesehatan dapat dirasakan langsung manfaatnya," ucap Bupati Poltak Sitorus

Kegiatan juga dirangkai dengan pemberian bantuan makanan tambahan bagi ibu hamil dan balita, serta pemberian beasiswa bagi siswa/i berprestasi sebelum dilanjutkan dengan pemotongan pita oleh Ketua TP PKK Kabupaten Toba yang menandakan gedung baru UPT Puskesmas Ajibata telah resmi dipakai.(t/bn)

Diberdayakan oleh Blogger.