Gedung Ruang Sidang Anak PN Kisaran Diresmikan - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

Gedung Ruang Sidang Anak PN Kisaran Diresmikan

Bicaranews.com|Kisaran - Ketua Pengadilan Tinggi Medan Setyawan Hartono SH MH didampingi Bupati Asahan, H Surya BSc dan Ketua Pengadilan Negeri (PN) Kisaran Dr Ulina Marbun SH MH meresmikan gedung ruang sidang anak PN Kisaran, Jumat (4/6).

Ketua PN Kisaran Dr Ulina Marbun SH MH dalam sambutannya mengatakan, pembangunan gedung sidang anak, terlaksana atas dukungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan.

Dalam undang-undang sistem peradilan anak, anak merupakan anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa. Memenuhi harkat martabat sebagai manusia seutuhnya yang mendapat perlindungan hukum dari sistem peradilan. PN Kisaran memiliki lima hakim anak yang sudah bersertifikat dan dalam proses hukum persidangan anak harus didukung sarana dan prasarana. "Dengan adanya sarana dan prasarana yang cukup maka persidangan anak ke depan terlaksana dengan baik serta menciptakan suasana menjadi ramah, layak dan tidak mengganggu mental anak," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Asahan H Surya BSc mengatakan, sebelumnya PN Kisaran telah memiliki gedung sidang anak, hanya saja belum memenuhi standar, sehingga diadakan renovasi dengan penambahan ruang-ruang sebagai pendukung di persidangan anak. Pemkab Asahan melalui APBD TA 2020 mengalokasikan anggaran untuk renovasi gedung ruang sidang anak PN Kisaran. "Atas nama Pemkab Asahan dan masyarakat, saya menyambut baik dan berharap dengan adanya gedung baru ini dapat mendukung pelaksanaan proses persidangan di PN Kisaran khususnya bagi anak yang berhadapan dengan hukum yang butuh perlakuan khusus dalam penanganannya," ungkapnya.

Ketua Pengadilan Tinggi Medan Setyawan Hartono SH MH juga mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Asahan yang telah merenovasi gedung sidang anak.

Disinggung mengenai proses sidang anak dalam pandemi Covid-19 dan kinerja PN Kisaran, Setyawan Hartono mengatakan, tergantung situasinya sekarang, Kalau masih tetap pandemi Covid-19, maka sidang tetap dilakukan secara virtual atau online. "Saya sangat bangga melihat kinerja PN Kisaran, kinerjanya sangat baik dan memiliki solidaritas bagus. Kita memiliki evaluasi tiap bulan dan PN Kisaran selalu masuk lima besar tingkat nasional dalam pelayanan dan salah satu PN terbaik di Indonesia,” katanya.(hariansib/bn)

Diberdayakan oleh Blogger.