Objek Wisata Bukit Holbung Masuk "Dataran Tinggi" Terpopuler di Indonesia - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

Objek Wisata Bukit Holbung Masuk "Dataran Tinggi" Terpopuler di Indonesia

 


Bicaranews.com|Samosir - Kabupaten Samosir kembali meraih penghargaan pada Anugerah Pesona Indonesia (API) Awards 2020. Keberhasilan itu berkat Objek Wisata Bukit Holbung yang berlokasi di Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir,  selama ini objek wisata tersebut menjadi salah satu tujuan utama wisatawan, masuk dalam 3 besar "Dataran Tinggi Terpopuler" di Indonesia. 

"Kabupaten Samosir meraih penghargaan API tahun 2020," sebut Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir, Dumosch Pandiangan, kepada wartawan, Senin (24/5/2021) di Pangururan.

Dia menjelaskan, telah menerima penghargaan tersebut pada malam penganugerahan API Awards yang digelar di Inaya Bay Komodo, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Kamis lalu (20/5/2021).

Dumosch memaparkan, ketika menerima penghargaan dari Gubernur NTT Viktor B Laiskodat, kepada masing-masing pemenang disampaikan bahwa API 2020 adalah sebagai langkah awal dari pekerjaan membangkitkan pariwisata Indonesia.

"Pekerjaan maksimalnya adalah mengembangkan pariwisata menjadi sebuah industri yang memberi dampak positif bagi kemajuan ekonomi daerah dan masyarakatnya," sebut Dumosch.

Ia juga menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya atas kerja keras yang dilakukan jajaran Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir sehingga Bukit Holbung bisa meraih penghargaan pada API Awards Tahun 2020.

"Saya menyaksikan sendiri bahwa dengan segala keterbatasan, secara bersama-sama kita telah menunjukkan diri bahwa kita mau dan mampu bekerja optimal," kata Dumosch lagi.

Selanjutnya Dumosch menambahkan, masih banyak potensi wisata yang bisa dikerjakan bersama dan masih banyak prestasi bisa diraih.

"Baik itu prestasi pribadi maupun prestasi institusi, maka harus tetap semangat, kembangkan kompetensi diri, tapakilah jenjang karir dengan sukacita," ujarnya.

Kadis Pariwisata itu juga menyampaikan, agar seluruh stakeholders, baik masyarakat, pemerintah, TNI-Polri, swasta untuk bersama menjaga kelestarian alam yang dianugerahkan Tuhan kepada kita.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno secara virtual menyampaikan selamat dan sukses kepada para pemenang pada API Awards. 

"Perkembangan pariwisata daerah menjadi agenda penting dalam pembangunan, apalagi di tengah pandemi yang sempat membuat dunia pariwisata terpuruk," kata Sandiaga.

Menurutnya, selama pandemi, ada begitu banyak pekerja di bidang pariwisata yang kehilangan pekerjaan. "Sekarang, saatnya kita harus bangkit kembali," sebutnya.

Sementara Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom, menyambut baik prestasi yang diraih Kabupaten Samosir. "Pengharlgaan ini diharapkan semakin memacu semangat kita untuk memajukan sektor pariwisata," pungkasnya.

Dikatakan Bupati Vandiko, sektor pariwisata harus membawa dampak kepada kesejahteraaan masyarakat Kabupaten Samosir. "Seluruh potensi kepariwsataan yang kita miliki termasuk pengembangan desa wisata akan dikembangkan secara bertahap dan lebih fokus," tandasnya.

Untuk diketahui, Anugerah Pesona Indonesia (API) merupakan rangkaian kegiatan tahunan yang telah diselenggarakan sejak tahun 2016, sebagai ajang nasional bergengsi dan terbesar dalam upaya memberikan apresiasi pariwisata di Indonesia.

Acara ini merupakan bentuk upaya membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap pariwisata Indonesia, serta mendorong peran serta berbagai pihak, baik masyarakat, swasta, maupun pemerintah dalam mempromosikan wisata dan mengembangkan ekonomi kreatif di masing-masing daerah. (t/bn)

Diberdayakan oleh Blogger.