Pilkada Humbahas 2020, Dosmar - Oloan di Kiri dan Kolom Kosong di Kanan - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

Pilkada Humbahas 2020, Dosmar - Oloan di Kiri dan Kolom Kosong di Kanan

Bicaranews|Humbahas - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), menetapkan tata letak posisi pasangan calon (Paslon) dalam surat suara dan daftar Paslon peserta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Humbahas tahun 2020 dengan satu Paslon, Kamis (24/9/2020).

Ketua KPUD Humbahas Binsar Pardamean Sihombing ketika diwawancarai wartawan menjelaskan, Pilkada Humbahas hanya diikuti satu Paslon, sehingga yang dilakukan bukan pencabutan nomor, melainkan pengundian tata letak posisi Paslon dan kolom kosong apakah di sebelah kiri atau kanan.

"Hasil pengundian hari ini bahwa pasangan calon atas nama Dosmar Banjarnahor dan Oloan P Nababan berada di sebelah kiri dari sisi pemilih melihat surat suara. Jadi ini nanti yang digunakan KPU untuk mensosialisasikan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Humbang Hasundutan dengan satu pasangan calon," kata Binsar.

Dia menambahkan, hasil pengundian itu nantinya menjadi dasar bagi KPU untuk mensosialisasikan kepada masyarakat bagaimana nanti proses pemilihan bupati dan wakil bupati, termasuk nanti pada hari pemungutan suara.

"Jadi di surat suaranya nanti ada foto Paslon, dan ada kolom kosong tak bergambar. Jadi pilihan masyarakat nanti apakah akan mencoblos foto Paslon yang bergambar atau mencoblos kolom kosong yang tidak bergambar," jelasnya.

Lebih lanjut Binsar menjelaskan, pada hari pemungutan suara tanggal 9 Desember nanti, Paslon dinyatakan pemenang jika perolehan suaranya lebih dari lima puluh (50) persen dari surat suara yang sah. Begitu juga dengan kolom kosong. Kolom kosong dikatakan menang jika hasil coblosan pada kolom kosong itu jumlahnya lebih dari 50 persen dari surat suara yang sah.

"Masyarakat punya dua (2) pilihan. Mencoblos gambar Paslon atau mencoblos kolom kosong yang tidak ada gambarnya. Itu menjadi hak pemilih yang dilindungi Undang-Undang," pungkasnya. (t/sib) 

Diberdayakan oleh Blogger.