Pj Bupati Pakpak Bharat Panen Raya Perdana Cabe Merah - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

Pj Bupati Pakpak Bharat Panen Raya Perdana Cabe Merah

PANEN PERDANA: Pj Bupati Pakpak Bharat, Dr.H, Asren Nasution MA, didampingi, Wakil Ketua DPRD Mansehat Manik, SE.M.Pd dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara, Wiwik Sisto Widayat dan Jajarannya panen cabai merah perdana di Desa Ulumerah Dusun maneas  Kecamatan STTUJ (15/7) (Foto:dok)

Bicara News|Pakpak Baharat - Pj Bupati Pakpak Bharat Dr. H. Asren Nasution, MA bersama Wakil Ketua DPRD, Mansehat Manik, SE, MPd, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara, Wiwik Sisto Widayat dan jajaran terkait melakukan panen raya perdana cabe merah milik Gapoktan Ulu Laena di Dusun Maneas, Desa Ulu Merah, Kecamatan STTU Julu seluas 5 hektar, Rabu (15/07).
Dengan asumsi jumlah cabai yang dipanen saat ini lebih dari 1 ton, Pj. Bupati menyampaikan rasa syukurnya atas sukses proses kerjasama Bank Indonesia, yang memberi manfaat besar tidak hanya bagi petani, tetapi kepada masyarakat untuk kestabilan harga dan inflasi yang ditentukan oleh salah satu komoditi ini.


Rasa syukur Pj. Bupati ini juga dibarengi dengan keberhasilan 4 komoditi khas dan unggulan Pakpak Bharat mendapat sertifikasi hak paten dari Pusat Perlindungan Varietas dan Perizinan Pertanian Kementerian Pertanian, untuk varietas Sukat Pakpak (Keladi), Nenas, Gambir dan Serai Wangi. “Semua ini beranjak dari kesungguhan dan kemauan kita untuk memajukan Kabupaten ini, khususnya dalam rangka ketahanan pangan di tengah Pandemi Covid 19”, tuturnya. Menurut Pj. Bupati juga, hal ini merupakan bagian dari proses pembelajaran sehingga dapat dilakukan panen perdana cabai merah sekarang ini.


Senada dengan Pj. Bupati, Mansehat Manik berharap agar ilmu yang didapatkan oleh para petani ini dapat ditularkan ke tengah-tengah masyarakat nantinya. “Artinya makna Ulu Laena, yang berarti sumber air dapat dimanfaatkan seluas-luasnya demi kemajuan pertanian di Kabupaten Pakpak Bharat”, ujarnya. Beliau juga berharap pihak Bank Indonesia dapat juga bekerja sama di beberapa Kecamatan lain di Kabupaten Pakpak Bharat yang membutuhkan pendampingan seperti ini.
Sementara itu, Kepala BI menyampaikan rasa terima kasihnya atas peran serta pemerintah serta DPRD yang begitu menaruh perhatian akan kemajuan petani. Jenis cabai merah ini merupakan tanaman organik yang tidak disentuh pupuk kimia serta pestisida, dan bermanfaat untuk kelestarian lingkungan serta kesehatan bagi yang mengkonsumsinya. Beliau juga menegaskan bahwa komoditas pangan tetap menjadi concern Bank Indonesia dan berharap kemitraan ini ke depannya dapat lebih erat lagi. (sib)
Diberdayakan oleh Blogger.