Pemkab Toba Harapkan Event Aquabike Harus Berikan Dampak Besar Bagi Masyarakat, Utamanya UMKM

Pemkab Toba Harapkan Event Aquabike Harus Berikan Dampak Besar Bagi Masyarakat, Utamanya UMKM

Hendri
By -
0

Bicaranews.com | TOBA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Toba bersama Asisten Deputi  Pengembangan Pariwisata berkelanjutan Kemenkomarvest, Kosmas Harefa menggelar rapat koordinasi bersama In Journey untuk mematangkan persiapan pelaksanaan event (kegiatan) Aquabike Word Championship. Rapat ini diikuti oleh hampir semua pimpinan perangkat daerah di Ruang rapat Staf ahli Bupati Toba di Balige, Kamis (2/11/2023). 

Rapat koordinasi itu membahas soal teknis pelaksanaan, penataan lokasi venue, lalu lintas hingga penataan penempatan UMKM. 

Menurut Bupati Toba, Poltak Sitorus yang diwawancarai usai rapat koordinasi, pembicaraan soal pelaksanaan Aquabike Word Championship sudah tuntas. 

"Sudah tuntas tadi kita bicarakan. Apa dimana, posisinya dimana, UMKMnya dimana, semuanya," katanya. 

Menurut bupati, poin paling penting yang menjadi pokok pembahasan Pemkab Toba bersama In Journey adalah bagaimana agar event tersebut dapat benar-benar dinikmati masyarakat, terutama UMKM. Hal ini menjadi pelajaran penting dari hasil evaluasi pelaksanaan F1H2O pada Februari lalu. Namun ia meminta agar masyarakat, khususnya pelaku UMKM bersedia ditata agar rapi dan tidak semrawut. 

"Yang paling penting kami bicarakan bagaimana supaya event ini betul-betul dapat dinikmati masyarakat, termasuk UMKM-nya. Kita belajar dari F1 (F1H2O) kemarin. Cuma ya, kami minta supaya mau diatur rapi semuanya. Jangan nanti dibuat di situ malah membuat akses tertutup, jadi macet," ujarnya berharap. 

Poltak Sitorus juga sangat berharap agar pelaksanaan event Aquabike Word Championship tidak hanya memberikan dampak ekonomi, namun target kunjungan 25 ribu penonton bisa tercapai. "Ke dua, yang kita harapkan, di samping ekonomi kita bertumbuh, kita juga harapkan jumlah wisatawan yang datang, khususnya saat event itu bisa kita mencapai target 25 ribu pengunjung," tambahnya. 

Dirinya meyakini target 25 ribu pengunjung akan memberikan dampak ekonomi yang besar, terlebih pelaksanaan event tersebut berlangsung selama 2 hari di Balige. 

"Bayangkan 25 ribu pengunjung, 2 hari di situ. Makannya, minumnya, jadi kita minta supaya jangan buat makanan yang terlalu ribet. Kalau bisa makanan itu diantar ke tempat-tempat penonton itu, jangan nunggu di rumah saja," saran Bupati. 

Karena itu, untuk mewujudkan harapan tersebut, Poltak Sitorus meminta agar seluruh masyarakat, khususnya masyarakat Balige dapat mendukung kegiatan tersebut. Sebab event Aquabike Word Championship butuh partisipasi hingga pengorbanan semua pihak. 

"Tentu harus ada pengorbanan dan ini tidak bisa hanya pemerintah, tentunya masyarakat juga harus bisa ikuti aturan, arahan. Saya minta kepada seluruh masyarakat khususnya Balige, ayo ikuti arahan dari pemerintah, kami tidak akan menjerumuskan masyarakat," katanya.

"Inilah jalan kita untuk makmur, hanya dengan pariwisata bisa memakmurkan Toba ini. Jadi tolong dukung semua, mulai dari persiapan, kedatangan mereka mari kita sambut dengan baik. Jangan buat aksi-aksi yang tidak mendukung. Ini tentang masa depan kita, kalau kita memperlihatkan diri kita tidak welcome ke depan yang rugi kita," katanya mengakhiri. (Bn)


Sumber : Humas

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)