Event Aquabike World Championship 2023 Berakhir, Juara I, Kasza Gyorgy dari Negara Hungaria

Event Aquabike World Championship 2023 Berakhir, Juara I, Kasza Gyorgy dari Negara Hungaria

Redaksi
By -
0

Aquabike Danau Toba

Bicaranews.com | SAMOSIR - Event Aquabike World Championship 2023 "Samosir Cup" berakhir setelah para pembalap  menyelesaikan 2 tahap race di Waterfront City Pangururan-Desa Pardomuan I, Sabtu (25/11/2023).

Dalam kejuaraan ini Juara I, Kasza Gyorgy dari Negara Hungaria dengan Cup points 50, juara II Radetyc Anthony dari Amerika Serikat dengan Cup points 38 dan Juara III Altayer Rashed  dari Uni Emirat Arab dengan Cup points 38.


Hadiah diserahkan Staf Khusus III BUMN, Arya Sinulingga bersama Bupati Vandiko T. Gultom dan Wakil Bupati Samosir, Martua Sitanggang.


Sebelumnya "Samosir Cup" dengan kategori Endurance Race diikuti 22 pembalap dari berbagai Negara termasuk Indonesia. Para Pembalap  melakukan uji ketahanan dengan waktu 35 menit mengelilingi lintasan. Dalam rangkaian acara, juga diadakan lomba Dragon Boat yang diikuti 8 tim dari kawasan Danau Toba. Dragon Boat Kabupaten Samosir berhasil meraih juara I.


Untuk Dragon Boat Juara I Kabupaten Samosir, Juara II Kabupaten Tapanuli Utara dan Juara III Kabupaten Toba.  Pengalungan medali dan pemberian hadiah dilakukan Bupati Samosir, Vandiko T. Gultom dan Wakil Bupati Samosir, Martua Sitanggang. Dalam kesempatan ini, Piala Bergilir diserahkan kepada Kontingen Dragon Boat Samosir. 


Staf Khusus III Kementerian BUMN, Arya Mahendra Siunulingga mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Samosir dan masyarkat atas kesuksesan rangkaian Aquabike Internasional di Danau Toba.


"Kegiatan bertaraf internasional ini merupakan komitmen membangun Danau Toba. Pariwisata tanpa event akan sulit, ini sebagai langkah kedepan dan akan terus diadakan, mudah-mudahan tahun depan semakin ramai. Terima kasih pak Bupati, ini menjadi pesta rakyatnya Danau Toba, kita harapkan kegiatan ini meningkatkan pariwisata" kata Arya seusai penyerahan hadiah.


Bupati Samosir mengaku bangga dan senang, dengan peran seluruh stakeholder dan masyarakat, Kabupaten Samosir dapat menyukseskan kegiatan bertaraf Internasional. Dituturkan, untuk menyukseskan acara ini, sejak awal sudah dilakukan pembinaan terhadap UMKM.


"Atas nama Pemkab Samosir, kami sangat berbangga dengan segala keterbatasan, hari ini nampak animo masyarakat sangat luar biasa, sehingga event dapat berjalan sukses dan lancar" Ungkap Vandiko.


Lebih lanjut disampaikan, Pemerintah Kabupaten Samosir sangat mendukung Event Aquabike 2023 karena selain menunjukkan kemajuan teknologi juga memadukan  kearifan lokal yang diyakini akan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan.

"Masyarakat Samosir ramah, jangan ragu berwisata di Danau Toba Samosir titik awal peradaban suku Batak" kata Vandiko.


Sementara itu Wakil Bupati Samosir, Martua Sitanggang menyampaikan bahwa masyarakat sangat terhibur atas pelaksanaan Aquabike. "Kami mensupport semua kegiatan Aquabike dan kami berharap  olahraga internasional 2024, dapat kembali diselenggarakan di Kabupaten Samosir" kata Martua.

Dalam kesempatan ini, Bupati Samosir  bersama Wabup juga menyerahkan medali pemenang Dragon Boat. Untuk Piala bergilir diserahkan kepada Kontingen Kabupaten Samosir yang berhasil sebagai juara I.


Sebagai lokasi penutup Aquabike World Championship 2023  kategori endurance race, pelaksanaan balap di Samosir berlangsung sangat meriah, ditambah dengan kompetisi Dragon Boat dari Kabupaten kawasan Danau Toba, ribuan penonton memadati Waterfront City Pangururan.(t/Bn)

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)