Jalan Penghubung Antar Desa Tertutup Longsor, Polres Samosir Dan Koramil Harian Gerak Cepat Bersihkan Material

Jalan Penghubung Antar Desa Tertutup Longsor, Polres Samosir Dan Koramil Harian Gerak Cepat Bersihkan Material

Hendri
By -
0

Polres Samosir

Bicaranews.com | SAMOSIR - Personil Samapta Polres Samosir, Polsek Harian bersama Koramil Harian bersihkan material longsor yang menutupi badan jalan umum yang menghubungkan Kenegerian Harian dan Kenegerian Sihotang, Desa Hariara Pohan, Kecamatan Harian Kabupaten Samosir, Jumat (1/9/2023).

Kegiatan yang dipimpin oleh Kasat Samapta Polres Samosir AKP Tito Juardi dan Kapolsek Harian AKP Efendi Abas, dimulai sekitar pukul 09.00 WIB. Personil dari berbagai satuan tersebut menggunakan cangkul, sekop, dan angkong untuk mengorek dan memindahkan material longsor yang menutupi jalan umum tersebut.

Lokasi pembersihan ini tidak sembarangan, berada tepat di depan pintu masuk objek Wisata Bukit Holbung, jalan umum ini sangat penting sebagai jalur penghubung antara Kenegerian Harian dan Kenegerian Sihotang.

Untungnya, kerja keras mereka tidak berhenti di situ. Sekitar pukul 10.00 WIB, alat berat milik Dinas PUTR Kabupaten Samosir tiba di lokasi dan ikut serta dalam membersihkan material longsor yang terdiri dari tanah dan pohon. Hasil kerja keras ini membuahkan hasil cepat, sekitar pukul 11.15 WIB, jalan umum tersebut sudah bersih dari material longsor, dan arus lalu lintas dapat berjalan aman dan lancar.

Kapolsek Harian dan Camat Harian terlibat dalam koordinasi yang efektif untuk memastikan langkah-langkah penanganan bencana ini berjalan lancar. 

Kasat Samapta Polres Samosir, dalam kesempatan ini, menjelaskan bahwa mereka mendapat informasi mengenai kejadian longsor ini dari personil Polsek Harian sekitar pukul 08.00 WIB. 

"Kejadian ini diduga akibat erosi tanah dikarenakan hujan deras yang terjadi beberapa hari sebelumnya. Berita baiknya, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa bencana tanah longsor ini," ujarnya.

AKP Tito Juardi juga menekankan pentingnya respon cepat dari Polres Samosir dan instansi terkait dalam menangani bencana alam di Wilayah Kabupaten Samosir. " Ini tidak hanya demi kenyamanan lalu lintas masyarakat, tetapi juga untuk keamanan wisatawan dan kemajuan objek wisata Bukit Holbung, " tutupnya yang patut diacungi jempol dalam menjaga keamanan dan kenyamanan wilayah Samosir. (Bn)


Pewarta : Maruli

Tags:

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)