Uji Coba Distribusi Air SPAM IKK Tarutung

Uji Coba Distribusi Air SPAM IKK Tarutung

Hendri
By -
0

Uji coba SPAM IKK Tarutung

Bicaranews.com | TAPUT - Bupati Tapanuli Utara Dr. Drs. Nikson Nababan, M.Si didampingi Asisten II Marihot Simanjuntak, Kadis Perkim Budiman Gultom dan beberapa pimpinan OPD, anggota DPRD Fraksi PDI Perjuangan Taput Ombun Simanjuntak dan Direktur PDAM Mual Natio Lamtagon Manalu melaksanakan uji coba distribusi air SPAM Tarutung, bertempat di Jalan Pendidikan Kecamatan Sipoholon, Minggu, 20 Agustus 2023.

Pada Tahun 2021 Pembangunan Sumber air Baku untuk menambah debit untuk Kota Tarutung dan sekitarnya oleh Pemerintah Pusat melalui Badan Wilayah Sungai II Sumatera Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat telah melakukan pembangunan untuk SPAM Tarutung yang sumber airnya dari Aek Butar Desa Sipahutar Kecamatan Sipoholon. 

Pembangunan intake dan jaringan pipa transmisi telah selesai dibangun dengan Pagu Anggaran yang dikucurkan adalah Lima puluh enam milliard rupiah.

Sebagai lanjutan pembangunan sumber air baku yang telah selesai dibangun Pemerintah Pusat melalui badan wilayah sungai II Sumatera Direktorat Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat tersebut, Dirjen Cipta Karya melalui Balai Perumahan dan Permukiman Wilayah (BPPW) Sumatera Utara.

Pembangunan IPA serta jaringan pipa distribusi ini merupakan wujud perjuangan panjang yang dilakukan oleh Bupati Taput Nikson Nababan dan didukung oleh anggota DPR RI Sukur Nababan.  

Pembangunan Instalasi Pegolahan Air (IPA) dan jaringan perpipaan  menggunakan pagu anggaran sebesar Empat puluh dua milliar rupiah dengan debit 50 liter per detik.   

Dengan pembangunan ini air minum untuk Kota Tarutung, Sipoholon dan Siatas Barita telah aman untuk 10 Tahun kedepan

Saat ini telah di pasang sebanyak 150 SR dari 600 SR yg akan dipasang dari pembangunan ini dengan biaya yg sangat murah, hanya Rp 20.000 per SR.

Bupati Taput Nikson Nababan menyampaikan bahwa Uji coba distribusi air hari ini dilakukan untuk melihat seperti apa kuantitas dan kualitas air yang didistribusikan, selanjutnya akan dilakukan penyempurnaan dan penyelesaian pembangunan hingga tuntas, dan sangat diharapakan doa dan dukungan dari warga Taput kiranya dapat diselesaikan pada bulan Desember tahun 2023 telah sempurna mengalir untuk 3 Wilayah Kecamatan Tarutung, Sipoholon dan Siatas Barita.

"Masyarakat Tapanuli Utara yang saya cintai dan banggakan baik yang diperantauan dan juga di Bona Pasogit, persoalan air minum yang selama ini menjadi keserahan kita bersama termasuk saya. Air minum sangat pernting karena merupakan kebutuhan primer dan itu sudah menjadi persoalan Tapanuli Utara puluhan tahun,"ujar Bupati.

"Saya dipercaya oleh Masyarakat Taput, diberikan Tuhan saya kesempatan untuk memimpin Tapanuli Utara di masa jabatan saya, yang dimana tahun ini saya berakhir sebagai Bupati, tanggal 31 Desember 2023 berakhir masa jabatan saya. Persoalan air bersih di tiga kecamatan Sipaholon, Tarutung dan Siatasbarita. Hari ini sudah kita tuntaskan di Sipoholon kemudian menyusul di Tarutung lalu Siatas barita. 

Ini semua bisa terlaksana berkat kasih karunia Tuhan. Kita juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden Joko Widodo, Bapak Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan seluruh jajarannya yang sudah membantu kita,"lanjut Bupati.

"Terima kasih juga kepada ketua Fraksi PDI Perjuangan DPR-RI Bapak Utut Adianto, terima kasih  kepada ketua Banggar dari Fraksi PDI Perjuangan Bapak Said Abdullah, dan terkhusus terima kasih buat Putera Daerah Tapanuli Utara, abang saya Sukur Nababan, yang mengawal SPAM air minum ini selama tiga tahun berturut turut hingga tahun ini bisa tuntas. 

Sekali lagi atas nama Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara kami mengucapkan terima kasih banyak, kiranya Bapak Ibu Saudara semua, kita bertambah berkat bagi saudara semua. Tuhan memberkati kita semua," tutup Bupati. (Bn) 


Pewarta : Maruli

Tags:

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)