Bupati Taput Serahkan Bantuan Pendidikan Untuk 1.358 Mahasiswa PTN Berprestasi

Bupati Taput Serahkan Bantuan Pendidikan Untuk 1.358 Mahasiswa PTN Berprestasi

Hendri
By -
0

Bupati Taput Serahkan Bantuan Pendidikan Untuk 1.358 Mahasiswa PTN Berprestasi

Bicaranews.com | TAPUT - Sebagai wujud komitmen dan kepedulian terhadap dunia Pendidikan demi mendukung visi misi Kabupaten Tapanuli Utara sebagai lumbung Sumber Daya Manusia Berkualitas

Bupati Tapanuli Utara Dr. Drs. Nikson Nababan, M.Si menyerahkan Bantuan Pendidikan dari Corporate Social Responsibility (CSR) Perusahaan  bagi Mahasiswa/I berprestasi perguruan tinggi negeri (PTN) dari Kabupaten Tapanuli Utara bertempat di Sopo Rakyat Rumah Dinas Bupati Tapanuli Utara, Jumat (18/8/2023).

Turut mendampingi Kepala Bagian Perekonomian dan SDA Setdakab Tapanuli Utara Tutur PT Simanjuntak S.Sos, MM. Turut hadir Pimpinan Bank Sumut cabang Tarutung Robby M  Sihaloho, Deputi Socap Head PT. Toba Pulp Lestari Linggom Dongoran, CSR dan ER Manager Sarulla Operation LTD Melva Samosir dan Vice President CSR PT. Inalum (Persero) Zainuddin Iqbal Sidabutar.

Pada kesempatan tersebut Bupati Nikson Nababan menyampaikan ucapan terima kasih  yang setinggi-tingginya kepada PT. Bank Sumut, PT. Toba Pulp Lestari, PT. Sarulla Operation LTD dan PT. Inalum yang telah mencurahkan perhatian dan kepeduliannya melalui program CSR ini terhadap pembangunan bidang pendidikan. Selain itu, beliau berharap program CSR ini dapat lebih tingkatkan  serta ditiru oleh perusahaan-perusahaan lainnya, 

“Kemajuan suatu perusahaan yang ada di Kabupaten Tapanuli Utara harus ada imbasnya untuk kehidupan masyarakat agar bisa merasakan dan terjadi peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Tapanuli Utara, terutama untuk pendidikan untuk para mahasiswa agar bisa meningkatkan indeks pembangunan manusia.” Ungkap Bupati

Selanjutnya Bupati Nikson menyampaikan kepada para pihak CSR bahwa program tersebut harapan beliau tidak sampai disini tapi akan menajadi program yang berkelanjutan. Karena Tapanuli Utara harus tetap meningkatkan kualitas generasi penerus bangsa. 

“Saya harap program ini tetap berkelanjutan, dan saya harap juga bantuan yang diberikan bisa lebih besar lagi demi memajukan kehidupan bangsa, melahirkan penerus bangsa yang berkualitas. 

Bila tadi saya siap untuk dokumentasi setiap pemberian CSR secara simbolis, itu adalah bentuk akuntabilitas bahwa pemerintahan itu harus transparan, kalau saya sebagai bupati tidak transparan apalagi nanti jajaran saya. Jadi foto-foto dukumentasi tersebut adalah bukti transparansi pemerintah, saya tidak mau program ini tidak tepat sasaran." tegas Bupati

“Masuk Universitas Negeri adalah Impian saya dari kecil karena saya tahu kalau masuk Universitas Negeri bisa dapat beasiswa seperti yang adik-adik terima saat ini. Masuk Universitas Negeri adalah prestasi parameter pertama bagi saya. Prestasi itulah yang harus kita hargai, dengan masuk Universitas Negeri harus belajar keras dan untuk mendapatkan beasiswa harus bisa berprestasi dengan meraih IPK yang tinggi di Perguruan Tinggi Negeri. ” tutur Bupati.

“Kepada adik-adik mahasiswa, selamat menerima bantuan ini. Jadikan ini sebagai motivasi untuk giat belajar dan meningkatkan prestasi agar bisa menjalani kuliah dan menuntut ilmu hingga bisa mengapai cita-cita kalian. Tidak semua orang bisa menerima bantuan seperti ini. Karena hanya orang berprestasi yang menerima ini. Maka manfaatkanlah untuk mengukir prestasi setinggi mungkin, untuk menjadi orang yang berguna bagi Negara Indonesia yang lebih baik lagi,” papar Bupati mengakhiri.

Dikesempatan sebelumnya Pimpinan Bank Sumut cabang Tarutung Robby M  Sihaloho, Deputi Socap Head PT. Toba Pulp Lestari Linggom Dongoran, CSR dan ER Manager Sarulla Operation LTD Melva Samosir dan Vice President CSR PT. Inalum (Persero) Zainuddin Iqbal Sidabutar memberikan kata sambutan.

“Ini merupakan yang ketujuh kalinya Bank Sumut memberikan CSR, yang merupakan bantuan Pendidikan untuk mahasiswa berprestasi PTN.  Bupati Nikson Nababan sangat Komit dengan janji visi misi sampai akhir masa jabatannya untuk membangun Sumber Daya Manusia yang berkualitas melalui Pendidikan yang terbaik di Tapanuli Utara, dan semangat dan konsistensi Bupati Nikson tersebut menjadi sumber motivasi buat kami di Bank Sumut.

Kepada adik-adik mahasiswa kami harap tambah semangat menuntut ilmu dan mengukir prestasi setinggi-tingginya” ujar Robby Sihaloho

“saya percaya kedepannya PT. Toba Pulp Lestari akan semakin bersinergi dengan Pemda Taput bagaimana mengembangkan SDM yang utama akan menciptakan perekonomian yang lebih baik. Kami mewakili managemen sangat mengharapkan dengan program ini mahasiswa dapat semakin giat belajar dan lulusan dari PTN ini akan menjadi orang berguna bagi negara,” ungkap Linggom Dongoran”.

“selamat kepada adik-adik mahasiswa yang mendapat beasiswa, kami berharap beasiswa ini tidak sekedar menerima tapi juga bisa melihat bahwa Pemda Taput memiliki keseriusan meningkatkan Pendidikan dan memberikan motivasi kepada adik-adik semua. Kami percaya bahwa semakin maju dan semakin kuat Pendidikan disuatu negara, semakin maju dan kuat juga negaranya. Beasiswa jangan dilihat nominalnya tapi lihatlah dari nilainya, Bupati dan jajarannya sangat punya perhatian khusus bagi Pendidikan di Tapanuli Utara. Beasiswa  ini akan menciptakan pemimpin-peminpin baru di Tapanuli Utara bahkan di Indonesia” ujar Melva Samosir.

“Tapanuli Utara merupakan salah satu wilayah yang sangat penting untuk program CSR PT. Inalum. Pendidikan adalah salah satu dari tiga pilar kementeriam BUMN, yaitu pilar ekonomi, Pendidikan dan lingkungan. Dan kami PT. Inalum menyampaikan kepada adik-adik bahwa ini adalah kesempatan berharga berkat Bapak Bupati Nikson Nababan, dan kami harap adik-adik suatu saat Kembali dengan membawa predikat bahwa adik-adik berhasil berkat  program CSR ini,”kata  Zainuddin Iqbal Sidabutar

Adapun perusahaan yang berpartisipasi mengalokasikan Corporate Social Responsibility (CSR) untuk Bantuan Pendidikan bagi Mahasiswa/I  Berprestasi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) adalah:

a. Bank Sumut mengalokasikan CSR sebesar Rp 410.250.000,-

b. PT. Toba Pulp Lestari, Tbk mengalokasikan CSR sebesar Rp 150.000.000,-

c. Sarulla Operations Ltd mengalokasikan CSR sebesar Rp 80.000.000,-

d. PT. Inalum (Persero) mengalokasikan CSR sebesar Rp 50.000.000,-

Bantuan Pendidikan diberikan kepada 1.358 mahasiswa sebesar Rp 500.000,- per orang dengan rincian sebagai berikut:

e. Dari CSR Bank Sumut sebanyak 809 Orang

f. Dari CSR Toba Pulp Lestari Tbk sebanyak 294 Orang

g. Dari CSR Sarulla Operations Ltd sebanyak 157 Orang

h. Dari CSR PT. Inalum (Persero) sebanyak 98 Orang. (Bn) 


Pewarta : Maruli

Tags:

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)