Siswa Kelas 6 SD di Siborongborong Serentak Jalani Ujian Sekolah Mulai Hari Ini

Siswa Kelas 6 SD di Siborongborong Serentak Jalani Ujian Sekolah Mulai Hari Ini

Hendri
By -
0



Dinas Pendidikan Sumut

Bicaranews.com | SIBORONGBORONG - Seluruh siswa kelas 6 SD se-Kecamatan Siborongborong serentak mengikuti Ujian Sekolah (US) mulai senin, 20-24 Mei 2024. Selain raport, US juga menjadi salah satu syarat penentu kelulusan siswa.


Kordinator Wilayah Kecamatan Banton Lubis, S.Pd, M.SI mengatakan via Whats'Upp, US untuk siswa kelas 6 tingkat SD jadwalnya disamakan untuk seluruh sekolah se-Kecamatan Siborongborong, Kabupaten Tapanuli Utara, Provinsi Sumatera Utara. 


"US untuk kelas 6 SD mulai 20-24 Mei 2024. jadwalnya serentak untuk seluruh SD se-Kecamatan Siborongborong," ujarnya. 


Pelaksanaan US tingkat SD dilakukan secara manual. 


"Untuk tingkat SD, ujian sekolah masih manual menggunakan soal kertas. 


Masih ada siswa yang tidak  hadir untuk mengikuti US, terutama karena alasan sakit." Ada jadwal ujian susulan yaitu 27-31 Mei 2024.


"Penentu kelulusan siswa dikembalikan kepada pihak sekolah melalui penyelenggaraan ujian sekolah. Soal ujian dibuat oleh para guru di sekolah masing-masing melalui rapat dewan guru," katanya.


"Maka UN dan Ujian Kesetaraan tidak menjadi syarat kelulusan atau seleksi masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi," katanya


Banton mengatakan, sebelumnya mutu pendidikan salah satunya di ukur dari hasil Ujian Nasional (UN) dan ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Disamping itu, juga ada pemenuhan 8 Standar Nasional Pendidikan. 


"Dengan regulasi terbaru yaitu raport pendidikan dan US serta nilai dalam bersikap memunculkan iklim pendidikan inklusi diharapkan mampu menyelenggarakan iklim pembelajaran yang menerima dan menghargai perbedaan, baik sosial, budaya, agama dan suku bangsa, " katanya. 


Selain itu, lanjut Banton, lewat penghapusan UN juga menciptakan pemerataan pendidikan.


"Justru mereduksi gelar sekolah unggulan yang sebetulnya dilabeli oleh masyarakat sendiri. Saat ini lebih mengukur pemerataan mutu dan layanan pendidikan, dan semua warga sekolah serta masyarakat menyambut baik hal tersebut yang bermuara pada layanan pendidikan untuk masyarakat yang lebih baik lagi," tuturnya. (Maruli Lumbantoruan/Bn)

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)