Syukuran Hari Jadi Ke-20 Kabupaten Humbahas Meriah, Bupati: Kerjasama Merupakan Kekuatan Dalam Pelaksanaan Pembangunan Daerah

Syukuran Hari Jadi Ke-20 Kabupaten Humbahas Meriah, Bupati: Kerjasama Merupakan Kekuatan Dalam Pelaksanaan Pembangunan Daerah

Redaksi
By -
0

Bicaranews.com|Doloksanggul - Syukuran Hari Jadi ke-20 Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) dilaksanakan di Lapangan Merdeka Doloksanggul berlangsung meriah, Jumat (28/7/2023).  

Syukuran itu dihadiri Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor, SE, Wakil Bupati Humbahas Oloan Paniaran Nababan SH MH, Ketua DPRD Humbahas Ramses Lumbangaol, Kajari Humbahas Anthony SH, Kapolres Humbahas AKBP Hary Ardianto SIK, Dandim 0210/TU Letkol Saiful Rizal, Ketua PN Tarutung Hendra Hutabarat, SH, Sekda Drs Tonny Sihombing, Ketua TP PKK Ny Lidia Dosmar Banjarnahor, Wakil Ketua TP PKK Ny Erma Oloan Paniaran Nababan dan ribuan elemen masyarakat yang datang dari berbagi kecamatan.

Dalam kegiatan itu, dilaksanakan deville setiap kecamatan dengan membawa hasil bumi masing-masing. Penampilan Marching Band dari SMPN 2 Doloksanggul dan SMP Santa Lusia Doloksanggul membuat suasana semakin meriah. 

Ada juga revitalisasi budaya daerah yang dipersembahkan siswa SD dan SMP yaitu umpasa dari SD 173357 Baktiraja, Standup komedi dari SD 176495 Parnapa, tembang tradisi dari SMPN 1 Doloksanggul dan marturasi dari SD 173315 Silaban Kecamatan Lintongnihuta. Bukan hanya itu saja, Sendratari dari Sanggar Seni Nabasa dan Sanggar Seni Maduma  juga ditampilkan membuat para undangan terpesona. 

Di acara HUT ke-20 Kabupaten Humbahas, Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor, SE memberikan beasiswa berprestasi tahap I tingkat mahasiswa yaitu Vinsensius Raymond Sihombing dari Universitas Hasanuddin program Peternakan dengan IP 3,75, Josua Gabriel Lumbangaol (Universitas Diponegoro Ilmu Kelautan IP 3,74), Patricia Astuti Silaban (Universitas Diponegoro Hukum IP 3,39). Ketiganya duduk dibangku kuliah tahun 2021. Tingkat siswa, Ricky F Lumbanbatu (SMA Yayasan Tunas Bangsa Soposurung Balige kelas XI) dan Glori EPR Silaban (SMA Del Laguboti kelas XI).  

Bupati Humbahas dalam sambutannya mengatakan tidak terasa Kabupaten Humbang Hasundutan telah berusia 20 tahun, tepatnya tanggal 28 Juli 2023. Perjalanan dalam rentang 20 tahun ini penuh dengan dinamika. Sebuah daerah yang dulu tertinggal sebelum terbentuk Kabupaten Humbang Hasundutan, kini telah menjadi kabupaten yang maju meskipun usianya relatif muda, ibarat remaja yang sudah memasuki dewasa. Maka acara syukuran ini menjadi sangat bermakna bagi semua masyarakat Humbang Hasundutan.

Bupati Humbahas atas nama Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan menyampaikan selamat ulang tahun ke-20 Kabupaten Humbang Hasundutan kepada masyarakat Humbang Hasundutan dimana pun berada. 

“Mari kita jadikan hari ulang tahun ini sebuah peringatan untuk melihat masa lalu sebuah mata rantai sejarah dan masa lalu yang sangat bernilai sebagai referensi untuk menapaki masa kini dan masa depan. Sebagai masyarakat Humbang Hasundutan kita wajib bersyukur dengan menjadikan hari kelahiran Kabupaten Humbang Hasundutan sebagai sebuah inspirasi dan motivasi untuk mengisi kembali setiap detik perjuangan kehidupan kabupaten yang kita cintai ini dengan karya dan prestasi serta dengan kerja produktif demi meraih cita-cita dan harapan akan masa depan yang lebih baik dan sejahtera. Saya mengajak generasi penerus, mari kita jadikan sejarah pembentukan Kabupaten Humbang Hasundutan sebuah untaian peristiwa penuh makna dan hikmat untuk selalu mengedepankan persatuan dan kesatuan dan karya nyata yang dapat dinikmati oleh masyarakat banyak” ajak Bupati Humbahas. 

“Pemkab Humbahas mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada pemrakarsa atas perjuangannya sehingga terbentuk Kabupaten Humbang Hasundutan yang kita nikmati bersama. Perjuangan bapak dan ibu terhadap terbentuknya Kabupaten Humbang Hasundutan tidak akan terlupakan sepanjang masa. Demikian juga kepada bapak bupati dan bapak wakil bupati periode 2003 sampai dengan 2021, kami ucapkan terima kasih dan penghargaan yang tulus atas daya juang untuk meletakkan pondasi pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan, sehingga kesemua hal tersebut dapat kita teruskan untuk kemajuan Kabupaten Humbang Hasundutan kedepan. Rasa cinta dan rasa memiliki terhadap Kabupaten Humbang Hasundutan hendaknya terpatri dalam dada dan tercermin dalam sikap serta mewujudkan perilaku setiap hari, bangga terhadap Kabupaten Humbang Hasundutan dengan menggali potensi sumber daya alam yang begitu melimpah dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat, sehingga tema peringatan hari jadi Kabupaten Humbang Hasundutan tahun ini, kita mengambil tema mewujudkan Humbang Hasundutan maju dengan peningkatan ekonomi kerakyatan dan pertanian berkelanjutan” jelas Bupati lagi. 

Dijelaskan, tema ini hendaknya menginspirasi semua pihak untuk bersama-sama mengukir dan memaknai sejarah kehidupan dan kebangkitan kembali Kabupaten Humbang Hasundutan dalam rangka meraih kemajuan kebangkitan ekonomi dan kemartabatan masyarakat Humbang Hasundutan melalui pertanian yang berkelanjutan dan perkembangan ekonomi kerakyatan.

Oleh karena itu pembangunan yang telah diletakkan di sepuluh kecamatan harus dikawal dengan landasan yuridis operasional dan pendekatan holistik integral demi terwujudnya visi dan misi Kabupaten Humbang Hasundutan. Sesungguhnya Kabupaten Humbang Hasundutan sangat potensial di bidang pertanian karena memiliki keunggulan kompetitif. Keunggulan tersebut meliputi kekayaan sumber daya alam, lahan yang luas dan subur sehingga sangat menjanjikan. Kabupaten Humbang Hasundutan salah satu kabupaten di Provinsi Sumatera Utara penyumbang terbesar kebutuhan pangan berkelanjutan, seperti jagung, bawang merah, kentang, kopi, dan sayur-mayur. 

Ada empat prioritas pembangunan di Humbang Hasundutan yaitu pertanian, pendidikan, kesehatan dan infrastruktur. Keempat pilar ini telah menciptakan pertumbuhan ekonomi. Pada tahun 2021 peningkatan ekonomi hanya 2,02% dan pada tahun 2022 meningkat menjadi 4,21%. Tingkat kemiskinan menurun dari tahun 2021 sebesar 9,69% turun menjadi 8,86% pada tahun 2022. Capaian tersebut disebabkan masyarakat petani dalam mengolah pertanian sudah melalui mekanisasi pertanian, antara lain dalam pengembangan jagung, bawang merah, kentang, kopi dan cabai.

Sementara indeks pembangunan manusia atau IPM juga menunjukkan hasil yang menggembirakan, karena sejak terbentuknya Kabupaten Humbang Hasundutan kenaikan IPM tersebut naik secara signifikan. Jika tahun 2014 hanya 65,40 dan pada tahun 2022 mencapai angka 70,52% atau dalam kurun waktu 8 tahun. Hal ini menandakan pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan masyarakat sudah meningkat. 

Untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan berbasis pertanian, Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan terus berupaya melakukan pengembangan pertanian. Karena Kabupaten Humbang Hasundutan memiliki potensi lahan pertanian dan perkebunan yang luas dan subur. Sekitar 90% masyarakat Humbang Hasundutan bermata pencaharian sebagai petani, sehingga sektor pertanian diharapkan mampu mengangkat derajat kesejahteraan masyarakat.

Kedepan perluasan pertanaman jagung terus diupayakan, targetkan Kabupaten Humbang Hasundutan akan menjadi penghasil jagung terbesar di Provinsi Sumatera Utara. Karena pengembangan jagung lebih mudah daripada komoditi lainnya.

Untuk mobilisasi transportasi dilakukan dengan pembukaan jalan baru dan peningkatan kualitas infrastruktur jalan dalam rangka mendukung kelancaran akses ke seluruh desa bahkan ke dusun-dusun karena merupakan urat nadi dalam pengangkutan hasil -hasil produksi pertanian dari sentra produksi ketempat pemasaran. Kopi lintong merupakan komoditi unggulan yang telah menembus pasar internasional.

Program tersebut tidak semudah membalikkan telapak tangan, akan tetapi dihadapkan juga dengan berbagai kendala yang perlu penanganan serius dari Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan, antara lain penyediaan akses permodalan kepada petani, memperpendek rantai pemasaran hasil pertanian. 

“Kita terus berupaya menegaskan ikon Kabupaten Humbang Hasundutan sebagai daerah tujuan wisata. Salah satu daya tarik wisata yang sedang dikembangkan adalah Sipinsur, dengan penyediaan sarana dan prasarana yang memadai untuk mendukung keindahan panorama Sipinsur. Karena Sipinsur merupakan anugrah pesona Indonesia yang telah mendunia. Penempatan dan penanganan homestay di desa wisata Kecamatan Baktiraja, pembangunan kelembagaan kepariwisataan, penataan fasilitas pendukung di lokasi obyek wisata seperti revitalisasi situs sejarah Istana Sisingamangaraja baik yang ada di Kecamatan Baktiraja maupun di Parlilitan. Kita juga terus berupaya untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dengan pengendalian dan pencegahan penyakit menular di tengah-tengan masyarakat. Selain itu kita juga fokus terhadap penanganan stunting di Kabupaten Humbang hasundutan dengan melakukan langkah-langkah pencegahan mulai dari calon pengantin, ibu hamil, ibu melahirkan dan anak baru lahir dengan melibatkan Kepala Puskesmas, Bidan Desa, Kepala Desa, Perangkat Desa, tenaga pendidik dan kader-kader yang ada di desa. Atas kerja keras tersebut jumlah balita stunting mengalami penurunan. pada tahun 2021 sebesar 26,7%, pada tahun 2022 sebesar 29,6% dan pada tahun 2023 per Juni turun menjadi 10,16% berdasarkan e-PPGBM (elektronik-Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat). Kedepan penanganan stunting menjadi prioritas utama, agar anak-anak Humbang Hasundutan menjadi anak yang berkualitas dan memiliki standar kesehatan yang memadai” jelas Bupati lagi. 

Bupati Humbahas juga menyampaikan hasil kinerja Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan yang diwujudkan dengan outcome atau hasil antara lain sebagai berikut. Dibidang tata kelola keuangan, Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan memperoleh 7 (tujuh) kali WTP secara berturut-turut atas penilaian BPK Perwakilan Sumatera Utara yaitu sejak tahun 2016 sampai tahun 2022 sesuai standar akuntasi keuangan pemerintah. Bidang pendidikan, Kabupaten Humbang Hasundutan merupakan salah satu kabupaten di Indonesia yang menjadi pusat metode pembelajaran matematika dengan menerapkan metode gasing (gampang, asik dan menyenangkan). program ini telah menjadi perhatian dari pemerintah pusat, sehingga sangat berdampak terhadap anak didik yang samakin mudah dalam pembelajaran matematika.  Sedangkan dampak gasing terhadap nasional, dimana guru-guru gasing Kabupaten Humbang Hasundutan yang sudah terlatih menjadi narasumber atau asisten trainer di 21 kabupaten dan 5 kota di Indonesia atas permintaan kabupaten dan kota tersebut. Hal tersebut tentunya akan berdampak terhadap generasi kedepan, sehingga generasi muda akan tercipta sumber daya manusia yang berkualitas untuk mampu bersaing di tingkat nasional.

Untuk mendorong motivasi belajar para putra putri Kabupaten Humbang Hasundutan yang duduk di bangku SMA/SMK, telah diberikan beasiswa yang masuk di 10 perguruan tinggi terkemuka di Indonesia dan sampai sekarang sebanyak 292 orang yang telah diberikan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan. Sedangkan untuk mendorong motivasi belajar bagi siswa/siswi putra putri Humbang Hasundutan juga menerima beasiswa dari Pemerintah kabupaten humbang hasundutan yang masuk di SMA terbaik seperti SMA Unggul Del Laguboti, SMA Yayasan Tunas Bangsa Soposurung Balige Toba dan SMA Mata Uli Pandan dan 89 orang telah menerima bantuan dari Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan. Untuk menciptakan pendidikan yang berkualitas akan terus ditingkatkan baik infrastruktur gedung, ruangan belajar, kebutuhan belajar dan kesejahteraan guru.

Pelayanan publik sudah semakin maju dan berkembang, hal ini dengan kehadiran Mal Pelayanan Publik atau MPP, dengan jenis pelayanan baik 11 jenis pelayanan instansi vertikal maupuan pelayanan perangkat daerah sudah terintegrasi, sehingga masyarakat terlayani dengan mudah, cepat dan tepat.  Atas terwujudnya pelayanan publik secara terintegrasi tersebut oleh Menteri Menpan RB telah meresmikan MPP Kabupaten Humbang Hasundutan secara bersamaan dengan MPP 14 kabupaten di Indonesia di kantor Menpanrb pada tanggal 14 Juli 2023 yang lalu. Pelayanan publik berdasarkan hasil survei standar pelayanan publik dan opini pelayanan publik Ombudsman Republik Indonesia tahun 2022, Kabupaten Humbang Hasundutan memperoleh nilai A Zona Hijau atau peringkat 2 dari  33 kabupaten/kota se-Provinsi Sumatera Utara.

Pembangunan infrastruktur jalan merupakan salah satu prioritas utama dalam pembangunan. hal itu terlihat pembangunan jalan hotmix Parbotihan-Pulo Godang-Temba yang merupakan jalan alternatif dari Doloksanggul menuju Pakkat. Selain itu pembangunan jalan hotmix Ring Roud Doloksanggul menuju Sidikalang. Pembangunan pelebaran jalan hotmix Parsingguran Batu Mardingding, pembangunan jalan Pangungkitan Pusuk. Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan mendapatkan penghargaan dari Pemprovsu sebagai daerah dengan presentase realisasi fisik terbaik untuk pembangunan infrastruktur dasar.

Dibidang penyelenggaraan pemerintahan, Kabupaten Humbang Hasundutan, memperoleh penghargaan dari Menteri Dalam Negeri atas capaian kinerja sedang atau peringkat kedua dari 33 kabupaten/kota se-Provinsi Sumatera Utara.

Bidang tata kelola kebersihan kota kecil, Kabupaten Humbang Hasundutan, menerima penghargaan   dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan atas capaian kinerja di bidang kebersihan. dengan penghargaan tersebut diharapkan menjadi motivasi untuk membiasakan budaya bersih dengan tidak membuang sampah sembarangan tempat.

Dibidang sistem akuntabilitas kinerja pemerintah daerah, Kabupaten Humbang Hasundutan memperoleh predikat BB tiga kali berturut-turut sejak tahun 2020, 2021 dan 2022 berdasarkan penilaian Kementerian Menpan RB, dengan sasaran integritas sistem perencanaan, sistem penganggaran dan sistem pelaporan kinerja.

Keberhasilan program dan kegiatan yang di ukur setiap perlaksanaan program dan kegiatan tersebut tidak terlepas dari kerja keras seluruh Aparatur Sipil Negara yang mendapat dukungan dari DPRD, Forkopimda dan seluruh elemen masyarakat Humbang Hasundutan. akan tetapi keberhasilan tersebut masih jauh dari harapan semua masyarakat, karena belum terpenuhi kebutuhan masyarakat   banyak.

Dalam kesempatan yang penting ini, Bupati Humbahas berharap seluruh elemen masyarakat Kabupaten Humbang Hasundutan terus mempertahankan dan meningkatkan dukungan, perhatian dan kerjasama dalam mensukseskan pembangunan daerah diberbagai bidang, Karena penyelenggaraan pemerintahan dan program-program pembangunan daerah tidak akan berjalan dengan baik, apabila tidak didukung oleh segenap masyarakat.

Percepatan proses pembangunan, sekaligus memantapkan kesiapan menghadapi tantangan kedepan yang semakin berat dan kompleks. Oleh karena itu, untuk masa yang akan datang akan disusun kerangka kemitraan yang lebih sinergis untuk memanfaatkan potensi yang ada, baik sumber daya aparatur maupun sumber daya masyarakat termasuk menggalang dan mendorong rasa peduli putera-puteri daerah yang berhasil di perantauan untuk mengolah sumber daya alam Kabupaten Humbang Hasundutan. Kemitraan dan kerja sama dengan lembaga keagamaan dan lembaga adat maupun lembaga kemasyarakatan lainnya merupakan salah satu kekuatan yang paling penting dalam pelaksanaan pembangunan daerah guna terwujudnya kesejahteraan masyarakat secara bertahap dan berkesinambungan. 

“Bahwa hasil yang dicapai merupakan kerja keras semua pihak, baik DPRD, pemerintah daerah maupun seluruh komponen masyarakat. Oleh karena itu, pada kesempatan ini saya sekali lagi menyampaikan apresiasi atas perhatian dan bantuan semua pihak dalam pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Humbang Hasundutan yang kita cintai ini.  Kami menyadari bahwa pembangunan yang dilaksanakan di Kabupaten Humbang Hasundutan, belum sepenuhnya memenuhi seluruh kebutuhan masyarakat. Hal tersebut disebabkan karena keterbatasan anggaran dan keterbatasan kualitas sumber daya manusia yang kita miliki. Namun dengan komitmen yang teguh dan kerja keras dan serius serta didukung persatuan dan kesatuan yang kokoh diantara kita, secara bertahap dan pasti seluruh kebutuhan masyarakat akan dapat terlayani dengan menghadirkan tata kelola Pemerintahan Humbang Hasundutan yang inovatif, kolaboratif dan cerdas berdasarkan good and clean governance. Sekali lagi kami menyampaikan penghargaan dan terima kasih yang tulus kepada masyarakat Humbang Hasundutan atas dorongan semangat, koreksi yang ditujukan kepada Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan untuk dijadikan sebagai perbaikan penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Humbang Hasundutan.  Kiranya Tuhan yang maha kuasa berkenan memberikan kekuatan kepada kita semua untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat yang dilandasi aku cinta Kabupaten Humbang Hasundutan” ujar Bupati Humbahas lagi. 

Hiburan rakyat dipersembahkan Putri Silitonga, Senada Sister, Yolanda Lumbangaol, Febry Tampubolon, Hotmarojak Siringoringo, Soluna Trio Parlilitan, seruling Dapot Simatupang, We Make It Band dan Dompak Sinaga.(t/bn)

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)