7 Cara Membersihkan Lendir di Tenggorokan dan Paru-paru Secara Alami - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

7 Cara Membersihkan Lendir di Tenggorokan dan Paru-paru Secara Alami

Bicaranews.com|Jakarta - Lendir paru-paru yang berlebih bisa menjadi pertanda buruk karena menggambarkan kondisi pernapasan yang sedang tidak sehat atau kerusakan jaringan paru-paru. Cara membersihkan lendir di tenggorokan dan paru-paru secara alami merupakan salah satu metode efektif untuk mengatasi kondisi tersebut.

Dahak atau lendir paru-paru sebenarnya punya tugas mulia untuk melindungi sistem pernapasan dan menyaring partikel-partikel kecil penyebab penyakit, seperti virus, debu, dan kotoran lainnya. Akan tetapi, produksinya yang berlebih dapat menyebabkan penyakit paru-paru, seperti:

- Paru-paru basah

- Asma

- Pneumotoraks atau atelektasis

- Bronkitis

- Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK)

- Kanker paru-paru

- Infeksi paru-paru (pneumonia)

- Penumpukan cairan yang tidak normal di paru-paru (edema paru)

- Arteri paru tersumbat (emboli paru)

Ditulis dari laman Healthline, ada berbagai macam penyebab produksi lendir berlebih, baik dari faktor lingkungan, infeksi virus, ataupun penggunaan obat-obatan tertentu. Ditambah dengan pecandu rokok yang setiap tahun meningkat, membuat penyakit fatal tersebut kian sering dirasakan oleh beberapa orang.

Cara Membersihkan Lendir di Tenggorokan dan Paru-paru Secara Alami Lendir atau dahak berlebih harus dihilangkan agar tidak menyebabkan komplikasi. Perawatannya terbilang mudah untuk dilakukan di rumah. Dikutip dari Health Sloth, berikut cara yang bisa dipilih oleh masyarakat:

1. Minum Rebusan Jahe

Jahe mengandung senyawa antiinflamasi untuk mengurangi radang tenggorokan dan melegakan sistem pernapasan. Dikutip dari NDTV, sifatnya yang antivirus dan antibakteri membuat jahe sering digunakan merangsang pembuangan lendir berlebih di paru-paru. Biar lebih khasiatnya tersebut lebih efektif, minumlah air rebusan jahe setidaknya dua kali sehari.

2. Cukupi Kebutuhan Mineral

Dengan tetap terhidrasi, seseorang dapat mempermudah penguraian dahak berlebih di saluran udara. Sebab, dehidrasi menyebabkan tekstur lendir jadi lebih kental sehingga sulit untuk dikeluarkan.

3. Teh Herbal

Pengenceran dahak paling baik diobati dengan teh peppermint. Jenis teh ini memiliki manfaat ekspektoran, antiradang, dan antioksidan. Khasiatnya tersebut jadi bukti nyata untuk membersihkan saluran pernapasan dari lendir sekaligus meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit.

4. Bawang Putih

Dikarenakan kandungan antimikroba yang tinggi, bawang putih dipercaya membantu melawan infeksi virus, jamur, dan bakteri, penyebab kelenjar pernapasan menghasilkan lebih banyak dahak. Mengunyah bawang putih mentah yang telah dibersihkan setiap pagi akan meredakan kondisi tersebut.

5. Berkumur dengan Air Garam

Studi dari JAMA Otolaryngology-Head & Neck Surgery pada 2018 mencatat berkumur dengan larutan garam selama lebih dari seminggu secara konsisten membuat lendir di paru-paru menipis. Caranya adalah campurkan secangkir air hangat dengan setengah atau tiga per empat sendok teh garam, lalu berkumurlah selama 30-60 detik.

6. Hirup Minyak Esensial

Menghirup uap panas adalah metode yang dapat membantu membersihkan penumpukan lendir di saluran pernapasan. Dengan menambahkan beberapa tetes minyak esensial ke dalam air, dapat membuatnya jauh lebih efektif.

7. Kunyit

Bumbu dapur ini mengandung senyawa kurkuma yang memberikan efek antivirus, antibakteri, dan antiinflamasi. Kunyit juga memiliki sifat antioksidan yang berarti dapat membantu mengurangi iritasi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Untuk mendapatkan khasiatnya tersebut, masyarakat bisa mencampurkan kunyit segar ke salad atau campurkan setengah sendok bubuk kunyit dengan madu. Namun, beberapa kondisi bisa sensitif terhadap kunyit sehingga penggunaanya harus berwaspada. Kondisi tersebut antara lain:

Gangguan sistem pencernaan

Masalah kandung empedu

Kelainan darah

Defisiensi besi

kondisi sensitif hormon, seperti ibu hamil dan menyusui.

Krisis kesehatan yang melanda dunia saat ini menyebabkan banyak virus dan penyakit berkembang dengan sangat cepat. Tak heran masyarakat mudah terserang penyakit, apalagi bila pengidap memiliki sistem imun tubuh yang lemah. Untuk itu, jagalah kesehatan dengan menerapkan pola hidup sehat dan hindari rokok.(dth/bn)

Diberdayakan oleh Blogger.