13.623 Personel Siap Amankan Natal dan Tahun Baru di Sumut - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

13.623 Personel Siap Amankan Natal dan Tahun Baru di Sumut

Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak didamping Pangdam I/BB Mayjen TNI Ahmad Daniel Chardin, dan pimpinan Forkopimda saat memberikan keterangan terkait dengan rapat koordinasi lintas sektoral dalam rangka persiapan pengamanan Nataru 2022, di Aula Tribrata Mapolda Sumut, Jumat (16/12/22).

Bicaranews.com|Medan - Polda Sumatera Utara menggelar rapat koordinasi lintas sektoral dalam rangka persiapan pengamanan Nataru 2022, di Aula Tribrata Mapolda Sumut, Jumat (16/12/22).

Usai rapat, Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak didamping Pangdam I/BB Mayjen TNI Ahmad Daniel Chardin, dan pimpinan Forkopimda mengatakan, rapat koordinasi ini dalam rangka memberi jaminan kepada masyarakat yang memperingati perayaan Natal dan Tahun Baru.

“Kita di Provinsi Sumatera Utara mengikuti rapat koordinasi tingkat pusat (melalui zoom), kemudian kita melanjutkan rapat koordinasi di tingkat provinsi,” jelas Panca.

Dikatakannya, dalam rangka mengamankan Natal dan Tahun Baru 2023, Polri didukung oleh stakeholder lainnya seperti TNI, pemerintah daerah. Selanjutnya, sambung dia, pihak bersama stakeholder akan menggelar operasi pengamanan dan kemanusian dengan sandi Operasi (Ops) Lilin Toba 2022.

“Akan dilaksanakan operasi pengamanan, operasi kemanusiaan dalam rangka memberikan rasa aman kepada masyarakat yang akan melaksanakan perayaan Natal dan perayaan Tahun Baru 2023 dengan konsep dan sandi operasi yaitu khusus untuk Sumatera Utara kita laksanakan dengan sandi Operasi Lilin Toba,” ucapnya.

Jendral bintang dua itu juga menyampaikan, Ops Lilin Toba ini rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 23 Desember 2022 sampai dengan 2 Januari 2023.

“Kegiatan operasi ini nanti akan kita laksanakan sejak tanggal 23 Desember sampai dengan tanggal 2 Januari 2023, didahului tentunya dengan melaksanakan apel gelar pasukan yang akan dilaksanakan di Lanud Soewondo tanggal 22 Desember 2022,” sebut Panca.

Kemudian, lanjut Kapolda, untuk jumlah personel yang diturunkan saat mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru sebanyak 13.623.

“Personel gabungan terdiri dari personel Polri sebanyak 9.744, TNI sebanyak 711 dan instansi terkait 3.168,” sebutnya.

Menurut dia, untuk mensukseskan pelaksanaan pengamanan ini pihaknya harus membangun kerja sama dengan seluruh stakeholder.

“Makanya kita laksanakan rapat hari ini untuk memastikan semua pihak untuk mendukung pengamanan tersebut baik itu menyangkut prasarana dan sarana jalan,” tuturnya.(ms/bn)

Diberdayakan oleh Blogger.