Konsumsi Air Berkaporit Tidak Dianjurkan, Ini Bahaya Mengkonsumsi Air Berkaporit! - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

Konsumsi Air Berkaporit Tidak Dianjurkan, Ini Bahaya Mengkonsumsi Air Berkaporit!

Bicaranews.com - Dokter tidak menganjurkan masyarakat mengkonsumsi air berkaporit untuk makan dan minum karena dapat menimbulkan efek samping seperti mual muntah, dermatitis kontak pada kulit, serta bahkan keganasan.

dr. Alyssa Diandra yang dikutip dari halodoc menyebutkan fungsi kaporit yang paling dikenal selama ini adalah sebagai campuran air kolam renang. Namun ternyata, bahan kimia yang satu ini juga sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, bahkan sebagai campuran di air minum.

Meski begitu, katanya, kaporit pada dasarnya adalah bahan beracun. Bahkan pada Perang Dunia Pertama, bahan ini digunakan sebagai senjata kimia. Namun tentu saja, kadar kaporit yang digunakan sebagai senjata dan campuran bahan sehari-hari sangat jauh berbeda.

Kadar kaporit pada kolam renang, air minum, maupun produk pembersih rumah jumlahnya minimal atau dalam batas aman yang telah ditetapkan badan regulasi. Sayangnya, hal ini tetap tidak menutup kemungkinan seseorang terkena dampak negatif dari paparan gas klorin berlebih.

"Penggunaan air mineral lebih baik untuk makan dan minum. Konsultasikan dengan dokter untuk informasi lebih jauh. Gunakan air mineral untuk makan dan minum, jaga kelembaban kulit setelah mandi air kaporit agar kulit tidak kering. Semoga bermanfaat dan terima kasih," ungkap dr Alyssa.

Berikut beberapa bahaya yang akan datang dari mengonsumsi air kaporit: 

1. Merusak Kulit

Kolagen merupakan lapisan yang ada pada kulit yang berguna untuk menekan penuaan. Sayangnya, air kaporit dapat merusak kolagen sehingga kulit menjadi lebih kusam dan tidak sehat. 

Tidak hanya merusak kolagen saja, air kaporit juga dapat membuat kulit menjadi kering hingga merusak epidermis kulit. Jika digunakan pada rambut, maka air kaporit ini dapat merusak folikel rambut. 

2. Gangguan Ginjal

Ketika seseorang mengonsumsi air yang mengandung kaporit dalam waktu yang lama maka akan menyebabkan masalah pada ginjal. Maka dari itu, sangat tidak disarankan untuk menggunakan air minum yang mengandung kaporit. 

3. Gangguan Sistem Pernapasan

Bahaya selanjutnya yang akan menghampiri Anda adalah gangguan sistem pernapasan. Hal ini terjadi ketika Anda menghirup udara dari air kaporit tersebut. Terlebih jika udara yang Anda hirup adalah uap panas air kaporit. 

4. Kanker

Masalah yang lebih parah dibandingkan perusakan epidermis kulit maupun kolagen adalah kanker. Kanker kulit dapat terjadi karena reaksi antara kaporit dengan pori-pori kulit. 

Saat Anda berendam di dalam air kaporit dalam waktu yang lama, maka seluruh bakteri dan zat-zat berbahaya bisa masuk ke dalam pori-pori. Bakteri tersebut bisa masuk ke pori-pori karena pada saat berendam, pori-pori kulit akan terbuka. Inilah yang mengakibatkan seseorang mengalami kanker kulit. 

5. Menurunkan Sistem Kekebalan Tubuh

Air yang mengandung kaporit juga dapat mengganggu dan menurunkan sistem kekebalan tubuh seseorang. Dengan menurunkan sistem kekebalan tubuh, maka bukan hal yang mustahil berbagai macam penyakit akan timbul. 

Dari bahaya di atas maka Anda tidak diperkenankan untuk menggunakan atau mengonsumsi air yang mengandung kaporit. Namun Anda bisa mengatasi permasalahan ini dengan menggunakan filter air dari Nazava. 

(berbagai sumber)

Diberdayakan oleh Blogger.