Evelyne Napitupulu Diangkat Jabat Ketua PN Balige - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

Evelyne Napitupulu Diangkat Jabat Ketua PN Balige

Bicaranews.com|Medan - Ketua Pengadilan Tinggi (PT) Medan Dr Robinson Tarigan SH MH melantik Evelyne Napitupulu SH MH sebagai Ketua Pengadilan Negeri (PN) Balige Kelas II. 

Pelantikan dikemas dalam sidang luar biasa dan serahterima jabatan di gedung PT Medan Jalan Ngumban Surbakti Medan, Selasa (12/4/2022), digelar secara luring maupun daring dengan Protokol Kesehatan (Prokes) yang ketat. 

Diketahui, Evelyne yang sebelumnya jabat Wakil Ketua (Waka) PN Balige dipromosikan jabat Ketua PN Balige menggantikan Lenny Megawati Napitupulu SH MH yang dipromosikan menjabat sebagai hakim PN Tangerang Kelas IA Khusus. Promosi itu dilakukan setelah Evelyne dinyatakan lulus Fit and Proper Test oleh pimpinan di Mahkamah Agung (MA). 

Ketua PT Medan Robinson Tarigan dalam sambutannya mengatakan promosi jabatan yang diemban Evelyne didasari oleh pandangan akan kemampuan dan kapasitas yang dimilikinya. 

"Karena untuk menjadi Ketua PN Kelas II harus dinyatakan lulus Fit and Proper Test. Oleh karena itu, keseriusan, kesungguhan dan kearifan dalam bersikap dan bertindak wajib saudara lakukan dalam menjalankan jabatan," ucap Robinson Tarigan. 

Atas itu, Ketua PT Medan berharap agar Evelyne dapat menjunjung sikap profesional, independen dan berintegritas dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai Ketua PN Balige. 

"Laksanakan tugas saudara dengan kesungguhan dan keiklasan guna memberikan pelayanan yang prima bagi masyarakat pencari keadilan," tegasnya. 

Ketua PT Medan juga meminta agar Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) dilaksanakan secara tertib, teratur dan tepat waktu. Karena SIPP adalah bentuk keterbukaan informasi mengenai perkara yang ada di PN Balige. 

"Dimana masyarakat pencari keadilan dapat mengakses dan mengetahui status penyelesaian perkara di pengadilan. Demikian pula juga menyangkut penanganan bantuan panggilan maupun pemberitahuan, agar lebih efektif pelaksanaannya dalam mewujudkan peradilan cepat, sederhana dan biaya ringan," urai Ketua PT. 

Selain itu, Robinson berharap agar Evelyne senantiasa melaksanakan pengawasan dan pembinaan atas pelaksanaan tugas bawahannya sesuai dengan yang diamanahkan oleh Perma No 8 Tahun 2016. 

"Dan mengupayakan tersedianya sarana dan prasarana sehingga pelaksanaan tugas masing-masing berjalan dengan lancar dan dapat memenuhi keinginan masyarakat pencari keadilan," tegasnya sembari mengucapkan terima kasih kepada Lenny Megawati Napitupulu atas semua pengabdian, dedikasi dan perhatian yang maksimal selama menjabat sebagai ketua PN Balige. 

Humas PT Medan John Pantas Lumban Tobing mengatakan acara tersebut berlangsung dengan lancar dan hikmat serta dengan tetap mematuhi protokol kesehatan COVID-19 yang ketat dan dihadiri oleh undangan yang terbatas. 

Tampak hadir di acara pelantikan itu Wakil Ketua PT Medan Dr Ridwan Ramli SH MH, para hakim tinggi, sejumlah kerabat Evelyne Napitupulu, beberapa hakim dan pegawai PN Balige serta Ketua DPRD Samosir Dra Sorta Ertati Siahaan dan Wakil Bupati Kabupaten Toba Tonny M Simanjuntak. (t/bn/sib)

Diberdayakan oleh Blogger.