Ribuan Rumah Terendam Banjir di Binjai, Walikota Langsung Turun ke Lokasi - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

Ribuan Rumah Terendam Banjir di Binjai, Walikota Langsung Turun ke Lokasi

Ribuan Rumah Terendam Banjir di Binjai

Bicaranews.com|Binjai - Hujan deras yang mengguyur Binjai menyebabkan tiga sungai di kota ini yakni Sungai Bingai, Sungai Mencirim dan Sungai Bangkatan, meluap mengakibatkan ribuan rumah terendam. Jumat (4/12/2020) dini hari.

Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Binjai mencatat 3.374 KK dari 16 kelurahan di 5 kecamatan di Binjai terdampak banjir.

Ribuan rumah penduduk, fasilitas umum, kawasan pertokoan dan areal pertanian di sepanjang kawasan bantaran sungai terendam banjir dengan ketinggian bervariasi hingga mencapai 2 meter.

Sementara itu pantauan wartawan, luapan air sungai setidaknya melanda 16 kelurahan di lima kecamatan se-Kota Binjai.

Sebagai upaya penanggulangan bencana sementara, warga dari masing-masing lingkungan melakukan proses evakuasi mandiri, sembari mendirikan posko bantuan dan dapur umum sementara.

"Air sungai naik sekitar jam 2 dini hari tadi dan sampai pagi ini belum ada tanda-tanda akan surut," ucap Suheri (51), salah satu warga terdampak banjir di Kelurahan Mencirim, Kecamatan Binjai Timur.

BNPB Binjai masih mendata jumlah korban terdampak banjir dan nilai kerugian akibat bencana alam ini, serta membantu proses evakuasi warga dan penyaluran bantuan.

Wali Kota Binjai HM Idaha langsung meninjau lokasi yang terkena dampak banjir di Jalan Jambore Raya, Kelurahan Berngam, Kecamatan Binjai Kota.

Tiba di lokasi banjir, Wali Kota langsung melakukan koordinasi dengan BPBD Binjai, untuk mendirikan posko penanggulangan, menyalurkan bantuan bagi korban banjir serta mencari korban yang kemungkinan terseret air saat banjir melanda.

Di lokasi yang sama, Sekdako Binjai M Mahfullah P Daulay menerima bantuan sembako dari Kapolres Binjai AKBP Romadhoni Sutarjdo berupa beras sebanyak 2 goni dengan berat masing-masing 50kg/goni dan 50 kotak mi instan.(sib/bn)

Diberdayakan oleh Blogger.