Bupati Tapsel Terima Penghargaan Paritrana Award 2019 dari Wakil Presiden RI - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

Bupati Tapsel Terima Penghargaan Paritrana Award 2019 dari Wakil Presiden RI

Bicara News|Tapsel - Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin menganugerahkan Paritrana Award 2019 kepada Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan yang berhasil masuk tiga besar finalis Kabupaten/Kota se-Indonesia dalam Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

Penghargaan Paritrana Award 2019 ini diserahkan Ma'ruf Amin kepada Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M.Pasaribu melalui virtual, di ruang kerja Bupati di Sipirok pada Rabu (12/8).

Dalam acara telekonference ini turut hadir mendampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin diantaranya Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah, dan Direktur Utama BPJAMSOSTEK Agus Susanto.

Sedangkan yang mendampingi Bupati, Deputi Direktur Wilayah Sumbagut BPJAMSOSTEK Umardin Lubis, Asisten Deputi Direktur Wilayah Sumbagut Bidang Kepesertaan Budi Pramono, dan (Pps) Kepala Kantor Cabang Padang Sidempuan Amri Irwansyah, Kadis Ketenagakerjaan Tapsel Arman Pasaribu, Kadis Kominfo Inganan, dan Kabag Humas Isnut Siregar.

Dikatakan, penganugerahan Paritrana Award ini diinisiasi pemerintah pusat melalui Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko- PMK) bersama BPJAMSOSTEK sejak 2017 silam. Dua finalis lainnya yaitu Kota Cimahi, dan Kabupaten Sukamara.

Terpilihnya Kabupaten Tapanuli Selatan sebagai Juara 3 Nasioanal tidak terlepas dari peran dan perhatian tinggi Bupati dalam penyelenggaraan program jaminan sosial di wilayah kerjanya baik melalui regulasi atau pun melalui edukasi yang dilakukan sejak tahun 2017. 

Seperti contohnya dengan penerbitan Peraturan Bupati nomor 48 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Jaminan Sosial bagi Tenaga Kerja melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan. kedepan kami juga ingin meningkatan regulasi menjadi peraturan daerah(perda) di kab tapanuli selatan agar meningkatkan kesadaran masyarakat dengan Jaminan Sosial khususnya BPJamsostek

Bupati Tapanuli Selatan Sahrul M. Pasaribu mengatakan, “saya bersukur alhamdulillah bahwa Tapanuli Selatan masuk finalis dan Juara 3 terbaik dari 514 Kabupaten/Kota tingkat Nasional.

"Meski belum juara satu namun kita tetap harus bersyukur. Tentu dengan penghargaan ini akan menjadi tantangan di masa-masa mendatang bagaimana mempertahankan kepesertaan BPJAMSOSTEK di tengah-tengah pandemik Covid-19," ujarnya.

Lebih jauh dikatakan Bupati, bahwa sejauh ini seluruh non ASN, perangkat desa, perusahaan yang ada di Tapanuli Selatan diwajibkan ikut Program BPJAMSOSTEK dengan filosofi manakala seorang pekerja sudah ada jaminan maka pekerja akan merasa nyaman sehingga produktifitas pun akan muncul.

"Demikian juga pihak pihak ketiga yang berpartisipasi memakai APBD Tapanuli Selatan juga kita wajibkan semua ikut program BPJAMSOSTEK," tambahnya.

Sementara Deputi Direktur Wilayah Sumbagut BPJAMSOSTEK, Bapak Umardin Lubis mengatakan penghargaan yang diraih Kabupaten Tapanuli Selatan dalam ajang Paritrana Award 2019 sebuah prestasi yang luar biasa bagi BPJAMSOSTEK  Kantor Wilayah Sumbagut dan Kantor Cabang Padang Sidempuan.

"Kami berterima kasih sekali kepada Pak Bupati Syahrul M.Pasaribu yang telah menorehkan sejarah. Mengingat hampir seluruh masyarakat yang ada di Tapanuli Selatan telah terdaftar menjadi Peserta BPJAMSOSTEK," ungkapnya.

BPJAMSOSTEK lebih lanjut berharap mudah mudahan kedepan Bupati Tapanuli Selatan menjadi contoh bagi bupati ataupun walikota di wilayah Sumbagut untuk menjadi pemenang pemenang berikutnya. "Dan kami siap memfasilitasi serta berdiskusi ke Kabupaten Tapanuli Selatan tentang program BPJAMSOSTEK," pungkasnya.(antara)

Diberdayakan oleh Blogger.