Anda Pecinta Alam, Wisata Alam Gunung Pinapan Humbahas Patut Diperhitungkan

Anda Pecinta Alam, Wisata Alam Gunung Pinapan Humbahas Patut Diperhitungkan

Rambe
By -
0


Bicara News|Humbahas - Anda seorang pendaki atau pecinta alam? Di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) terdapat Gunung Pinapan, gunung ini merupakan wisata yang patut diperhitungkan untuk dikunjungi.
Gunung yang terletak di antara dua kecamatan yakni Kecamatan Onan Ganjang, Pakkat dengan ketinggian 2.037 meter di atas permukaan laut (DPL) menjadikan gunung ini selalu diselimuti awan putih. Di kaki gunung ada beberapa pemukiman warga yakni Pulogodang, Sipagabu, Banuarea, Siatas-Batunagodang dan Panggugunan.
Titik awal pendakian menuju puncak Gunung Pinapan ada dua desa yakni Desa Pulogodang dan Banuarea, Kecamatan Pakkat, Humbahas.
Untuk menuju titik awal pendakian Desa Pologadang dan Banuarea bisa dari pusat Kota Pakkat, Kecamatan Pakkat dan Desa Parbotihan Kecamatan Onan Ganjang, Humbahas dengan 45 menit perjalanan. Angkutan seperti mobil tidak ada setiap harinya, kecuali membawa kendaraan sendiri dan hari pekan atau Senin dan Sabtu.
Jika sudah sampai, siapkan jaket untuk menghangatkan tubuh, karena tempat ini bersuhu dingin.
Untuk sampai pada puncaknya terdapat beberapa aturan yang perlu diketahui yakni harus menjaga sopan santun, khususnya menjaga ucapan, ditambah tidak membuang sampah sembarangan dan harus menjaga kelestarian alam sekitar sehingga tidak mengganggu makhluk hidup di sekitar, di mana setiap pendaki harus mematuhi aturan yang ada.
Perjalanan menuju puncak dapat menghabiskan waktu selama 2-4 jam. Meskipun bukan waktu sebentar menuju puncak, namun keindahan di puncak akan membayar keletihan anda selama mendaki dan melihat tanah beralaskan semen 2 meter persegi bekas peninggalan Belanda untuk memandang.
Dari puncak Pinapan ini anda akan menikmati pemandangan yang luar biasa. Ke arah Barat anda dapat melihat laut Barus hingga pelabuhan Sibolga. Bila petang hari, maka perahu nelayan di pesisir laut Barus akan terlihat. Cakrawala akan menguning saat petang hari dan matahari seperti bola api berwana merah bisa dilihat dengan mata telanjang, perlahan menghilang bak ditelan bumi. Seolah lukisan saat berada di puncak tertinggi Dolok Pinapan.
Kepala Desa Banuarea Kecamatan Pakkat kepada media beberapa waktu lalu mengatakan, wisata alam Gunung Pinapan sudah diketahui masyarakat khususnya Humbahas dan bisa dikembangkan seperti wisata outbond dengan pemandangan indah di bukit.
"Gunung ini memang sudah dikenal sebagai objek wisata oleh masyarakat Humbahas. Hanya saja belum dikelola secara maksimal," kata Kepala Desa.
Ia menyampaikan, akses menuju lokasi yang belum maksimal dan pengelolaan masih ditangani secara swadaya masyarakat dengan melibatkan pemuda dan pendanaan seadanya. Termasuk keinginan pengembangan dengan menambah fasilitas sarana permainan anak namun karena keterbatasan anggaran, sarana tersebut baru diwacanakan.
Untuk itu, Kepala Desa mengharapkan adanya bantuan pembinaan dari Dinas Pariwisata atau pemerintah terkait untuk pengembangan wisata tersebut karena dapat mendorong pemberdayaan pendapatan masyarakat setempat. (bn)

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)