Longsor di Sitahuis Pakkat Terjang 3 Rumah, 1 Meninggal Dunia, 5 Luka Berat dan 1 Lagi Masih Dalam Pencarian.

Longsor di Sitahuis Pakkat Terjang 3 Rumah, 1 Meninggal Dunia, 5 Luka Berat dan 1 Lagi Masih Dalam Pencarian.

Redaksi
By -
0

Longsor di Sitahuis Pakkat

Bicaranews.com|PAKKAT - Tingginya curah hujan di wilayah Kecamatan Pakkat sejak Senin malam hingga Selasa (21/11/2023) pagi mengakibatkan sejumlah titik mengalami longsor.  Paling parah terjadi di Sitahuis, Desa Huagong, Kecamatan Pakkat, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Senin (21/11/2023) sekitar pukul 6.30 WIB.

Longsor tersebut menerjang 2 rumah warga dan menelan korban jiwa 1 orang meninggal dunia, 5 orang mengalami luka berat, 11 orang luka ringan dan 1 orang masih hilang atau masih dalam pencarian.

Camat Kecamatan Pakkat, Ida Hayati Marbun SSos mengatakan, data kerusakan dan data korban jiwa sementara terdiri dari 2 rumah warga dengan kondisi rusak parah dan terdiri dari 5 orang luka parah, 11 orang luka ringan, 1 orang meninggal dunia dan 1 orang masih dalam pencarian. Korban yang luka berat telah dirujuk ke RSUD Doloksanggul.

"Mengenai korban jiwa dan luka parah/ringan sesuai dengan data yang disampaikan Kepala Puskesmas Pakkat," kata camat.

Sementara itu, Wakil Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas) Dr Oloan Paniaran Nababan setelah mendengar informasi bencana itu, dia langsung terjun ke lapangan untuk melihat dan memimpin penanganan longsor tersebut, serta memerintahkan dinas-dinas terkait untuk memberikan pertolongan dan menyiapkan kebutuhan-kebutuhan mendesak para korban longsor.

"Atas nama pribadi, dan Wakil Bupati Humbang Hasundutan, kita menyampaikan turut berdukacita dan berbelasungkawa atas kejadian ini. Semoga duka dan kesedihan ini cepat berlalu," ucapnya.

Dia juga menyampaikan, dari data sementara yang dihimpun, dua unit rumah warga tertimbun longsor, yang mengakibatkan 1 orang meninggal dunia, 5 orang mengalami luka berat, 11 orang luka ringan, dan 1 orang masih hilang atau masih dalam pencarian.

"Para korban telah berhasil dievakuasi. Yang mengalami luka-luka berat langsung dirujuk ke RSUD Doloksanggul. Namun, saat ini kita masih melakukan pencarian satu orang lagi yang kemungkinan besar tertimbun longsor," ujarnya.

Ditambahkannya, saat ini sudah memasuki musim penghujan, sehingga dia meminta seluruh warga Humbahas untuk tetap waspada dan sebisa mungkin menghindari lokasi-lokasi yang rawan longsor.

"Semoga kejadian seperti ini tidak terjadi lagi. Kita juga menghimbau masyarakat untuk tetap waspada," harapnya. (Bn)



Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)