SMPN 2 Doloksanggul Pameran Lukisan Di LTFW Dan Agriculture Di Sipinsur

SMPN 2 Doloksanggul Pameran Lukisan Di LTFW Dan Agriculture Di Sipinsur

Hendri
By -
0

Smpn 2 Dolok Sanggul

Bicaranews.com | HUMBAHAS - Siswa-siswi SMPN 2 Doloksanggul ikut berperan dan memeriahkan kegiatan LTFW (Lake Toba Fashion Week) & Agriculture dengan menampilkan pameran lukisan di objek wisata geosite Sipinsur Desa Pearung Kecamatan Paranginan Kabupaten Humbahas.  Pameran lukisan itu berlangsung selama tiga hari, 6-8 Oktober 2023. 

Puluhan hasil karya seni anak didik dari berbagai aliran dipamerkan selama acara LTFW antara lain lukisan alam, ikan koi, gedung, fantasi, rumah adat batak, tenun dan Sisingamangaraja termasuk kapal. Paling diunggulkan adalah lukisan sepasang kuda dan harimau sumatera. Beragam lukisan tersebut merupakan bentuk kebebasan para anak didik dalam menuangkan ekspresinya di atas kanvas.

Seorang pelukis bernama Nia Lumbangaol mengaku bangga dan termotivasi karena hasil karyanya seperti ikan koi, tenunan ulos Batak dan rumah adat Batak ikut di pajang dalam pameran itu.

Lukisan para anak didik itu menjadi perhatian tersendiri bagi pengunjung karena dipamerkan dekat pintu masuk wisata Sipinsur. Bahkan Ketua TP PKK Ny Lidia Dosmar Banjarnahor dan Dumasi MM Samosir (Sinar Mas) menyambangi para pelukis sembari memberikan semangat. 

Kepala Sekolah SMPN 2 Doloksanggul Kolbert Pakpahan menjelaskan lukisan itu bukan sekedar pameran tapi  merupakan pembekalan dari pendidik kepada anak didiknya untuk lebih berani berekspresi dan menjadi manusia berhasil." Saya sangat support dan kagum kepada anak-anak, di antaranya sudah terlihat dari karyanya yang penuh makna. Ini sebagai penerapan mata pelajaran seni budaya yaitu kegiatan ekstra kurikulum. Banyak hasil karya siswa yang menarik, bahkan layak jual. Pesan saya, teruslah berkreasi, siapa tahu kelak dari sini akan lahir seniman dan perajin mandiri yang berjiwa wirausaha” ucap Kolbert Pakpahan. (Infokom Humbahas) 


Pewarta : Maruli

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)