Pj Sekda Kota Tebing Tinggi Buka Sosialisasi Kesehatan Jiwa Lintas Sektor

Pj Sekda Kota Tebing Tinggi Buka Sosialisasi Kesehatan Jiwa Lintas Sektor

Redaksi
By -
0

Bicaranews.com|TEBING TINGGI - Pejabat (Pj.) Sekretaris Daerah Kota Tebing Tinggi H. Kamlan Mursyid, S.H., M.M. membuka kegiatan Sosialisasi Kesehatan Jiwa Lintas Sektor dan Lintas Program, Rabu (11/10/2023) bertempat di aula Dinas Kesehatan, Jalan Gunung Lauser BP7 Kota Tebing Tinggi. 

Adapun kegiatan ini digelar dalam rangka Hari Kesehatan Jiwa Sedunia, dengan tema global yang diangkat "Mental Health Is a Universal Human Rights", sedang tema nasional adalah " Sehat Jiwa Bagi Semua Orang".

Dalam kesempatan tersebut, Pj. Sekda mengatakan Kesehatan Jiwa Masyarakat (Community Mental Health) adalah konsep kesehatan yang merupakan suatu orientasi kesehatan jiwa yang mencakup semua kegiatan yang dilaksanakan di masyarakat, dengan menitikberatkan pada upaya promotif dan preventif tanpa melupakan upaya kuratif dan rehabilitatif.

Pj. Sekda juga mengatakan peningkatan kesadaran akan pentingnya perilaku sehat jiwa dalam masyarakat.

Lebih lanjut, Pj. Sekda mengungkapkan capaian pelayanan kesehatan jiwa di Kota Tebing Tinggi sampai dengan bulan September Tahun 2023, yaitu Pelayanan ODGJ berat sebesar 89,21% atau sebanyak 215 jiwa dari target 241 jiwa) dan pelayanan kasus cemas dan depresi sebesar 28,7% atau sebanyak 329 jiwa dari target 1144 jiwa.

Kemudian, masih ada kasus pasung 4 orang, yang berada di wilayah kerja Puskesmas Pabatu 2 orang dan wilayah kerja Puskesmas Pasar Gambir 2 orang. 

Melalui kegiatan ini, Pj. Sekda berharap dapat menyelesaikan dengan tuntas tentang adanya orang terlantar, yang dianggap ODGJ (Orang Dengan Ganguan Jiwa) atau Orang Dengan Masalah Kesehatan (ODMK).

"Jadi pertemuan kita selenggarakan adalah untuk membahas jalan keluar yang terbaik, siapa punya apa dan tanggung jawabnya apa untuk menciptakan Kota Tebing Tinggi ini menjadi lebih baik lagi. Dengan bekerja sama dan sama-sama bekerja kita dapat menyelesaikan masalah kesehatan jiwa yang ada di kota kita tercinta ini," harap Pj. Sekda.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Hj. Winrina Purba, S.Kep. Ners, dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara selaku narasumber, Dr. Novi Prasanty, M.Ked., Sp. Kj., dari Rumah Sakit Kumpulan Pane Kota Tebing Tinggi , OPD terkait /yang mewakili, Camat dan Lurah se-Kota Tebing Tinggi, Kepala Puskesmas se-Kota Tebing Tinggi, Organisasi Profesi IDI, IBI dan PPNI, serta petugas Kedua Puskesmas se-Kota Tebing Tinggi.(t/bn)

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)