Gelar Sispamkota, Polres Humbahas Siap Amankan Tempat Pemungutan Suara, Hingga Situasi Darurat Pada Pemilu 2024

Gelar Sispamkota, Polres Humbahas Siap Amankan Tempat Pemungutan Suara, Hingga Situasi Darurat Pada Pemilu 2024

Hendri
By -
0

Polres Humbahas

Bicaranews.com | HUMBAHAS - Polres Humbahas menyiapkan beberapa langkah strategi dalam upaya pengamanan menghadapi Pemilu 2024 mendatang. Bahkan simulasi sistem pengamanan kota (Sispamkota) telah digelar di tiga lokasi yaitu simpang Singupar Kecamatan Lintongnihuta, Kantor KPU Kecamatan Pollung dan di Polres Humbahas Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara, Jumat (13/10/2023).

Kapolres Humbahas AKBP Hary Ardianto SH SIK MH mengatakan simulasi Sispamkota ini melibatkan personel dari Kepolisian, serta instansi terkait lainnya. Kegiatan ini menjadi bukti nyata komitmen Polres Humbahas untuk menjaga ketertiban dan keamanan selama proses Pemilu 2024.

“Simulasi sistem pengamanan kota (Sispamkota) ini merupakan langkah strategis yang kami ambil untuk memastikan bahwa kami siap dan mampu menjaga keamanan selama proses pemilu 2024 di Kabupaten Humbang Hasundutan," ucapnya.

"Kami bekerja sama dengan berbagai instansi terkait, seperti TNI dan instansi pemerintah lainnya, untuk memastikan bahwa semua tahapan pemilu dapat berjalan dengan lancar dan aman," sambungnya. 

Simulasi Sispamkota ini mencakup 4 (empat ) skenario yaitu berbagai aspek pengamanan, mulai dari pengamanan kampanye, pengamanan kotak suara, penjagaan tempat pemungutan suara, hingga penanganan situasi darurat Seperti perampasan Kotaku dengan melibatkan personel Polri dan terkoordinasi dengan baik, diharapkan pemilu 2024 dapat berlangsung dengan damai dan aman.

Pada akhir simulasi, evaluasi menyeluruh dilakukan untuk mengidentifikasi area-area yang memerlukan perbaikan dan peningkatan dalam rencana keamanan pemilu. Langkah-langkah strategis seperti ini diharapkan dapat meningkatkan tingkat keamanan selama proses pemilu 2024 dan memastikan bahwa masyarakat dapat berpartisipasi dalam proses pesta demokrasi dengan aman dan damai.

Kapolres menyebutkan, Polres Humbahas berkomitmen untuk menjaga netralitas dan profesionalisme dalam mengawal pemilu, serta berharap partisipasi aktif dari masyarakat dalam menyukseskan proses demokrasi ini. 

Dengan langkah-langkah strategis seperti simulasi ini, Polres Humbahas siap menghadapi tantangan dalam mengamankan pemilu 2024 demi terciptanya proses pemilihan yang aman dan adil.

"Upaya ini diharapkan dapat memberikan keyakinan kepada masyarakat bahwa pemilu 2024 akan berjalan dengan lancar dan aman," pungkasnya. (Bn) 


Pewarta: Maruli

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)