Dengan Semangat Nasionalisme, Rutan Tarutung Gelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023

Dengan Semangat Nasionalisme, Rutan Tarutung Gelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023

Hendri
By -
0

Karutan Tarutung

Bicaranews.com | TARUTUNG - Jajaran Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Tarutung Kanwil Kemenkumham Sumut gelar Upacara Memperingati Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023 yang mengusung tema “Pancasila Pemersatu Bangsa, menuju Indonesia Maju” yang bertempat di lapangan serba guna Rutan Tarutung, Senin (2/10/2023)

Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Ismet Sitorus selaku Kepala Rutan Kelas IIB Tarutung dengan diikuti oleh seluruh pegawai dan warga binaan. Kegiatan ini berdasarkan surat Sekretariat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM nomor SEK-UM.04.01-824 Tanggal 21 September 2023 perihal Pedoman Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM Tahun 2023.

Dalam Amanatnya, Ismet Sitorus menyampaikan sambutan dari Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia, Yasonna H. Laoly. 

Beliau menyampaikan bahwa Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang mengusung tema “Pancasila Pemersatu Bangsa, menuju Indonesia Maju” dapat dimaknai sebagai momentum merefleksikan hal-hal yang telah dan harus kita lakukan. 

“Mengapa Pancasila itu sakti ?, selalu dapat bertahan dari guncangan kisruh politik di negara ini ?, jawabannya adalah karena Pancasila merupakan media pemersatu bangsa yang di dalamnya terkandung nilai toleransi, harmonisasi, dan bersifat terbuka mengikuti perkembangan jaman”, tegas inspektur upacara.

Selain itu, Menkumham melalui inspektur upacara menyampaikan pentingnya menjaga eksistensi Pancasila, nilai-nilai luhur Pancasila harus dapat dipertahankan dan diaktualisasikan dari generasi ke generasi, jangan berhenti pada satu generasi saja.

Sebelum menutup amanatnya, Menkumham mengajak seluruh jajaran Kemenkumham RI untuk dapat menjadi teladan dan contoh dalam aktualisasi nilai-nilai pancasila.“Saya mengajak seluruh jajaran Kemenkumham di seluruh negeri untuk menjadi tauladan dan contoh dalam aktualisasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan keseharian kita”, tutup Inspektur Upacara. (t/bn)


Pewarta : Maruli

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)