Satuan Pam Obvit Polres Samosir Melakukan Pelatihan Pengamanan Dan Pengawalan VIP

Satuan Pam Obvit Polres Samosir Melakukan Pelatihan Pengamanan Dan Pengawalan VIP

Hendri
By -
0

Polres Samosir

Bicaranews.com | SAMOSIR - Satuan Pam Obvit Polres Samosir menggelar pelatihan penting yang bertujuan meningkatkan kemampuan dalam pengamanan dan pengawalan tamu-tamu VIP. Acara ini berlangsung di Lapangan dan Mako Polres Samosir, Senin (2/10/2023).

Dalam pelatihan ini, berbagai aspek penting dalam pengamanan dan pengawalan VIP dibahas secara mendalam. Ini mencakup arahan dari Komandan Pam VIP kepada personil pengamanan dan pengawalan, pemeriksaan alat pam VIP, tata cara pengawalan dan pengamanan, pemeriksaan badan tamu, evakuasi VIP, serta prosedur pengamanan VIP.

Untuk melaksanakan pelatihan ini, Sat Pam Obvit Polres Samosir menggunakan beragam peralatan bantu, termasuk 1 unit kendaraan roda untuk Voorijder, 1 unit kendaraan roda 4 sebagai pembawa VIP, 2 unit metal detector, 1 unit tray barang, 1 unit Security Gate/Walk Through Metal Detector, dan 3 unit Handy Talky (HT).

Dalam simulasi pelatihan ini, personil Sat Pam Obvit memerankan berbagai peran, termasuk VIP, tamu berpakaian sipil, komandan PAM VIP, pengemudi, pengawal VIP, dan petugas pemeriksaan badan dan barang bawaan tamu di Security Gate/Walk Through Metal Detector.

Proses pemeriksaan tamu yang sangat teliti mencakup pengecekan barang bawaan yang diletakkan di tray dekat Security Gate/Walk Through Metal Detector. Barang bawaan tamu diperiksa menggunakan metal detector, dan jika ada yang mencurigakan, barang tersebut dibuka di hadapan tamu. Selain itu, pemeriksaan badan tamu dilakukan secara menyeluruh, mulai dari kepala hingga kaki.

Lokasi pelatihan mencakup Jalan Raya, Tempat Security Gate/Walk Through Metal Detector, Pintu/Gedung Pertemuan, Safe Exit Zone, dan Escape Route. Semua langkah dalam pengawalan VIP dijelaskan dalam detail yang sangat rinci, termasuk penanganan situasi darurat.

Pada acara simulasi yang digelar oleh Satuan Pam Obvit Polres Samosir, sejumlah langkah kritis diterapkan untuk memastikan pengamanan dan pengawalan tamu VIP berjalan lancar dan aman. 

Berikut adalah rangkaian kegiatan dalam simulasi yang dilaksanakan dengan dimulai dari "Komandan PAM VIP melakukan pengecekan kehadiran personil, memastikan semua alat PAM VIP berfungsi dengan baik melalui pengecekan dan pengujian dan memberikan arahan tentang Standard Operating Procedure (SOP) PAM VIP, termasuk informasi terkait Safe Exit Zone dan Escape Route. Dilanjutkan dengan Seluruh personil PAM VIP mengambil posisi masing-masing sesuai tugasnya. 

Komandan PAM VIP memberikan informasi kepada petugas Voorijder bahwa gedung pertemuan aman untuk dimasuki oleh VIP. Ketika VIP tiba di lokasi dengan Pengawalan, Voorijder dan supir VIP tetap standby di kendaraan. 

Tamu VIP turun dari kendaraan dan disambut oleh empat personil pengawalan, dengan dua di depan dan dua di belakang sedangkan tamu VIP berada di tengah pengawalan. Tamu VIP melewati Security Gate/Walk Through Metal Detector dan terus diawasi hingga memasuki gedung pertemuan. Setelah VIP aman berada di dalam gedung pertemuan, keempat personil pengawalan VIP menjaga pintu gedung pertemuan.

Diluar gedung pertemuan didapati Dua petugas pamobvit melakukan pemeriksaan tubuh dan barang bawaan tamu VIP maupun tamu biasa di depan Security Gate/Walk Through Metal Detector menggunakan metal detector. Barang bawaan tamu ditempatkan di tray yang berdekatan dengan Security Gate/Walk Through Metal Detector dan diperiksa menggunakan metal detector. Jika ada yang mencurigakan, barang tersebut dibuka di depan tamu. Apabila ada barang yang mencurigakan, barang tersebut disita dan dilakukan pembuatan berita acara. 

Selain itu, tubuh tamu diperiksa dengan teliti, mulai dari kepala hingga kaki, selanjutnya tamu diizinkan masuk ke dalam gedung pertemuan. 

Ketika VIP keluar dari gedung pertemuan, mereka disambut oleh keempat personil pengawalan VIP yang berjaga di pintu gedung pertemuan. Namun, dalam situasi simulasi, personil pengawalan VIP dihadang oleh massa ketika VIP sedang dalam perjalanan ke kendaraan.

Dua Pesonil Pengamanan tamu VIP yang berada paling depan langsung menghadang massa, sementara dua tamu VIP yang berada di belakang langsung mengamankan VIP dan membawa mereka kembali ke tempat awal kedatangan dari gedung pertemuan. Mereka kemudian menuju ke Safe Exit Zone melalui Escape Route, tetap dalam pengawalan VIP. Dan Komandan VIP memberikan informasi kepada Voorijder dan Supir VIP agar segera menuju Save Exit Zone dan menunggu kendaraan tiba.

Voorijder dan supir VIP segera mengarahkan kendaraan ke Safe Exit Zone untuk melaksanakan evakuasi dan penjemputan melalui Escape Route yang telah ditentukan. Tamu VIP memasuki kendaraan, dan keempat personil pengawalan VIP mengamankan keempat sisi kendaraan serta mengawasi situasi hingga VIP benar-benar berada dalam kendaraan. Voorijder memimpin dan mengarahkan perjalanan melalui Escape Route. Tamu VIP akhirnya tiba dengan aman di tujuan mereka.

Kegiatan simulasi yang dipimpin Kasat Pam Obvit Polres Samosir AKP Binnen Hutagalung, yang melibatkan semua personil Sat Pam Obvit Polres Samosir berakhir dengan pelaksanaan apel konsolidadi.

 "Simulasi ini merupakan langkah penting dalam mempersiapkan personil untuk menghadapi situasi pengamanan dan pengawalan tamu VIP dengan profesional. Dengan detail dan ketelitian dalam setiap langkahnya, Satuan Pam Obvit Polres Samosir memastikan keamanan tamu VIP adalah prioritas utama," ucap Kasat Pam Obvit Polres Samosir AKP Binnen Hutagalung.

"Pelatihan ini akan menjadi rutin setiap hari Senin untuk menjaga kesiagaan dan meningkatkan keahlian personil Sat Pam Obvit dalam menjalankan tugas mereka demi keamanan Tamu VIP selama berada di wilayah Hukum Polres Samosir", tutup Binnen Hutagalung. (Bn) 


Pewarta : Maruli

Tags:

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)