Bupati Taput Nikson Nababan Raih Apresiasi Tokoh Indonesia Kategori Percepatan Infrastruktur

Bupati Taput Nikson Nababan Raih Apresiasi Tokoh Indonesia Kategori Percepatan Infrastruktur

Hendri
By -
0

Bupati Taput

Bicaranews.com | TAPUT - Bupati Tapanuli Utara, Dr. Drs. Nikson Nababan, M.Si meraih penghargaan Apresiasi Tokoh Indonesia kategori Percepatan Infrastruktur dari Group Media Tempo, Selasa (29/8/2023) di The Ritz-Carlton, Mega Kuningan, Jakarta. 

Pengargaan tersebut diterima Bupati Taput diwakili Kepala Dinas Kominfo Hendrik Taruna bersama Kepala Dinas Lingkungan Hidup Heber Tambunan. Turut disaksikan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumardi, Menteri PAN-RB Azwar Anas dan para petinggi Group Media Tempo. 

Prestasi gemilang Bupati Nikson Nababan selama 2 periode dalam mendorong percepatan pembangunan infrastruktur yang menjadi fokus dan prioritas utama dalam pencapaian visi telah diakui dan dihargai oleh Group Media Tempo. 

Dalam acara yang penuh semangat tersebut, Bupati Nikson Nababan sebagai salah satu penerima penghargaan diantara 41 Kepala Daerah se-Indonesia (Gubernur dan Walikota/Bupati) dengan 8 kategori.

Dalam sambutan Direktur Utama Tempo Inti Media, Arief Zulkilfi mengapresiasi para Kepala Daerah atas prestasi mereka dalam memajukan wilayah masing-masing. Menurutnya, para Kepala Daerah berhasil mengatasi tantangan-tantangan yang ada. Arief Zulkilfi juga menjelaskan bahwa Tempo menggunakan berbagai isu yang sedang berkembang serta data sekunder untuk menilai pencapaian daerah.

"Kami memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para Kepala Daerah atas beragam prestasinya dalam menggerakkan kemajuan di wilayah masing-masing. Para Kepala Daerah ini telah berhasil mengatasi berbagai permasalahan yang sangat spesifik. Tempo memberikan indikator keberhasilan suatu daerah dengan menganalisis berbagai isu yang sedang berkembang, serta menerapkan berbagai data sekunder sebagai dasar evaluasi dan penilaian," kata Arief Zulkilfi.

Sambutan Menteri Dalam Negeri RI Tito Karnavian menyebutkan bahwa era reformasi telah mengubah cara pandang dari sentralisasi menjadi desentralisasi dalam pemerintahan. Dia menyoroti pentingnya menjaga keseimbangan antara inovasi atau terobosan dengan ketaatan terhadap peraturan dan aturan yang ada. 

Disamping itu, ia juga menekankan bahwa kepala daerah harus memiliki kapasitas untuk bekerja keras dan menciptakan lingkungan politik yang bersaing.

"Era reformasi telah mengubah paradigma sentralisasi menjadi desentralisasi. Titik sentral otonomi daerah dipilih secara langsung oleh rakyat, yang berarti siapapun memiliki kesempatan untuk menjadi Kepala Daerah. Keseimbangan antara inovasi atau terobosan dengan kepatuhan terhadap peraturan dan ketentuan yang berlaku sangat penting untuk dijaga. Selain itu, Kepala Daerah harus memiliki kemampuan untuk bekerja keras dan menciptakan iklim politik yang kompetitif," kata Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Secara terpisah, Bupati Tapanuli Utara Dr. Drs. Nikson Nababan, M.Si mengucapkan terima kasih dan rasa syukur atas apresiasi yang diterima dan akan menjadikan momen ini sebagai motivasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Tapanuli Utara. 

"Saya merasa sangat terhormat dan bersyukur atas penghargaan apresiasi yang saya terima dalam kategori Percepatan Infrastruktur. Dalam 9 tahun ini pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan merupakan prioritas dalam memerdekakan desa sebagai interkoneksi. Penghargaan ini akan menjadi penyemangat bagi saya untuk terus berinovasi dan memberikan yang terbaik bagi masyarakat," ucap NIkson Nababan. 

Group Media Tempo memberikan 8 kategori apresiasi kepada para 41 Kepala Daerah, yaitu:

1. Peningkatan SDM dan Pendidikan, 5 KDH

2. Percepatan infrastruktur, 7 KDH

3. Pariwisata Berkarakter, 5 KDH

4. Pengembangan Digitalisasi, 5 KDH

5. Pendorong Ekonomi Kerakyatan, 7 KDH

6. Pembangunan Daerah 3T, 3 KDH

7. Pejabat Kepala Daerah Inovatif, 5 KDH

8. Penggerak Kemajuan Daerah Berciri Kepulauan, 4 KDH. (Bn)


Pewarta : (David )

Tags:

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)