Mulai Hari Ini Polda Sumut Gelar Operasi Patuh Toba 2023, Tilang Manual dan Elektronik Diberlakukan

Mulai Hari Ini Polda Sumut Gelar Operasi Patuh Toba 2023, Tilang Manual dan Elektronik Diberlakukan

Redaksi
By -
0

Direktur Ditlantas Polda Sumut, Kombes Pol Muji Ediyanto

Bicaranews.com|Medan - Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak memimpin apel pasukan Operasi Patuh Toba 2023 di Lapangan Bola Mapolda Sumut, Senin (10/7/23). Dalam pelaksanaan operasi ini, sebanyak 1.345 orang personel gabungan diturunkan.

Operasi Patuh Toba 2023 tersebut dimulai dari tanggal 10 hingga 23 Juli 2023 dengan memberlakukan tilang manual dan berbasis elektronik yakni Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) secara status dan mobile kepada pengendara yang melakukan pelanggaran.

“Namun jika dalam kegiatan di jalan raya, personel menemukan pelanggaran yang kasat mata, berpotensi menyebabkan kecelakaan lalu lintas (laka lantas), maka kita juga akan melakukan penindakan baik teguran maupun hukum berupa tilang manual,” kata Direktur Ditlantas Polda Sumut, Kombes Pol Muji Ediyanto usai apel gelar pasukan Operasi Patuh Toba 2023 di Lapangan Bola Mapolda Sumut.

Dia menekankan, kalau tilang manual diberlakukan jika personel Kepolisian melaksanakan patroli maupun kegiatan-kegiatan di jalan raya menemukan pelanggaran secara kasat mata.

“Misalnya menerobos lampu merah berpotensi terjadi laka lantas, melanggar rambu, marka dan sebagainya yang menyebabkan bahaya keselamatan masyarakat lainnya, maka kita akan melakukan penegakan hukum,” terang Muji.

“Bisa juga kita melakukan teguran, maka saya sampaikan operasi ini dilakukan dengan tindakan-tindakan berupa edukatif, kedua persuasif, ketiga humanis. Tapi lebih diutamakan tindakan menggunakan ETLE,” jawab dia.

Pelanggaran yang menjadi sasaran Operasi Patuh Toba tahun ini di antaranya penggunaan handphone (HP), pengendara di bawah umur, pemotor bonceng 3 dan tidak menggunakan helm.

“Melanggar marka jalan, pengendara di bawah pengaruh alkohol, melawan arus lalu lintas (lalin), melebihi kecepatan dan tidak membayar pajak kendaraan,” ujar Muji.

Selama pelaksanaan Operasi Patuh Toba 2023, sambung dia, mengedepankan edukatif, persuasif dan humanis. Hal ini, kata Muji, guna mencegah terjadinya kemacetan dan laka lantas yang berakibat korban fatal. “Dan tentunya menurunkan tingkat pelanggaran lalu lintas,” kata Muji.(t/bn)

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)