Kejari Sibolga Beri Bimbingan Teknis Pengawasan dan Pembinaan Pengelolaan Dana Desa Kepada Kepala Desa se- Tapteng

Kejari Sibolga Beri Bimbingan Teknis Pengawasan dan Pembinaan Pengelolaan Dana Desa Kepada Kepala Desa se- Tapteng

Redaksi
By -
0

 Kejari Sibolga
Bicaranews.com|Tapteng - Kejaksaan Negeri (Kejari) Sibolga  adakan Bimbingan Teknis pengawasan dan pembinaan terhadap Kepala Desa dalam Pengelolaan Dana Desa se-Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) di Pia Hotel Pandan pada Rabu (7/6/2023).

Kegiatan tersebut bertujuan untuk mendorong makin meningkatnya transparansi, akuntabilitas, penggunaan dan  pengelolaan dana desa di Kabupaten Tapteng.

Pada kesempatan itu, Plt. Kejaksaan Negeri Sibolga, Gunawan Wisnu Murdianto  menjelaskan, bahwa ada Jaksa Jaga Desa, yang mana tujuannya untuk mendampingi pengelolaan dana desa maupun alokasi dana desa untuk pemerataan pembangunan yang ada di Tapteng.

"Dengan adanya Jaksa Jaga Desa sehingga  pengelolaan dana desa jangan sampai nantinya ada penyimpangan yang tidak benar, dengan harapan desa akan lebih baik, lebih maju dari sebelumnya, sehingga taraf kehidupan dan  kesejahteraan masyarakat desa  dapat jauh lebih meningkat. Kegiatan apa saja dilakukan di desa dapat dilakukan transparan sehingga bisa dilihat secara langsung oleh masyarakat desa," ujarnya.

Dikatakannya, kesalahan sering dialami dan ditemukan ada dua, administrasi pembuatan pertanggungjawaban yang salah terkait anggaran dan mark up seperti pengurangan volume bangunan.

Gunawan juga menegaskan bahwa dana desa pengelolaannya harus transparan,  tidak bisa ditutupi dan tidak bisa dimonopoli oleh kepala desa seorang. Wajib penggunaanya transparan, termasuk pengawasan dari Sekretaris Desa  dan pengurus sekretariat desa lainnya. 

"Selama saya berdinas di Tapteng belum ada laporan fiktif atau penyelewengan dana desa makanya sebelum ini terjadi kita ingatkan, dan melakukan pengawasan  dengan tujuan  mengantisipasi atau pelaku-pelaku yang tidak benar untuk tidak melakukan penyimpangan administratif maupun secara pidana," sebutnya.

Bimbingan Teknis Pengawasan dan Pembinaan Pengelolaan Dana Desa Ini turut dihadiri, Plt. Kejaksaan Negeri Sibolga (Kejari), Gunawan Wisnu Murdianto, Kasi Intelijen, M.Junio Ramandre, Kepala sub Bagian Pembinaan Kejari Sibolga, Andriany Efalina Sitohang, Kepala Desa, Bendahara se-Tapteng dan mewakili Kepala Dinas PMD Pemkab Tapteng, Manuturi Siregar. (bn)

Pewarta: Situmorang

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)