Jalan Lintas Pakpak Bharat - Aceh Tertibun Longsor, Sempat Putus Total

Jalan Lintas Pakpak Bharat - Aceh Tertibun Longsor, Sempat Putus Total

Redaksi
By -
0

Bicaranews.com|PAKPAK BHARAT - Tingginya curah hujan di wilayah Kabupaten Pakpak Bharat pada Sabtu (6/5/2023) mengakibatkan longsor dan menutupi ruas jalan lintas Provinsi Sumut - Aceh.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pakpak Bharat, Augusman Harapan Padang mengatakan, dalam waktu semalam, terjadi bencana longsor di dua lokasi yakni di Delleng Lumut, tak jauh di Puncak Sidiangkat, dan lokasi kedua berada di Desa Pettal, Kecamatan Sitellu Tali Urang Jehe, Kabupaten Pakpak Bharat.

Menurutnya, longsor yang terjadi di dua lokasi tersebut disebabkan oleh intensitas hujan yang cukup deras sepekan terakhir. "Hujan yang turun cukup deras dan lama hari ini menyebabkan longsor yang menutup beberapa ruas jalan di Kabupaten ini," katanya.

Menyikapi hal tersebut, pihak BPBD Pakpak Bharat bersama personil di TNI - Polri berjibaku dalam membersihkan material longsor yang sempat menutup jalur lintas provinsi tersebut.

"Kami tim Badan penanggulangan Bencana Daerah Pakpak Bharat bersama masyarakat, TNI/Polri, Tagana Pakpak Bharat, dan Pemerintah setempat bekerja membersihkan serta menormalisasi beberapa titik longsor yang terjadi hari ini di beberapa wilayah Kabupaten Pakpak Bharat," katanya.

Saat ini, pihaknya sudah menangani material longsor dan membuka satu jalur dan memberlakukan sistem buka - tutup jalan agar arus lalulintas dapat berjalan dengan lancar. "Sudah bisa di lalui, tapi masih kita berlakukan buka tutup jalan," jelasnya.

Dirinya pun memastikan bencana alam tersebut tidak memakan korban jiwa. Namun, ia juga berharap kepada masyarakat untuk tetap bersabar selama proses pembersihan jalan.

"Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun jalur penghubung ini terputus total yang diperkirakan memakan waktu lama bagi upaya normalisasinya," tutupnya.(trib/bn)

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)