Tim U-20 Israel ke Indonesia, Gubsu: Tak Masalah, Bila Perlu Hantu Punya Tim, Boleh Main

Tim U-20 Israel ke Indonesia, Gubsu: Tak Masalah, Bila Perlu Hantu Punya Tim, Boleh Main

Rambe
By -
0

Bicaranews.com|MEDAN - Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi menilai seharusnya tidak ada penolakan terhadap Timnas Israel untuk ikut Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia. Dia ingin urusan politik dan olahraga dipisahkan.

"Sebenarnya kalau olahraga, olahraga. Politik, politik," ucap Edy, Kamis (16/3). Edy mengatakan hal itu menjawab pertanyaan soal pro dan kontra keikutsertaan Timnas Israel di Piala Dunia U-20.

Menurut Edy, tidak adanya hubungan bilateral antara Indonesia dan Israel tidak berkaitan dengan kegiatan Piala Dunia U-20. Edy menegaskan urusan olahraga harus steril dari urusan politik.

"Ini kan urusan olahraga, siapa pun, bila perlu hantu punya tim, boleh main kalau olahraga," tutur Edy.

Meski begitu, Edy mengatakan tidak punya wewenang terkait persoalan Piala Dunia U-20. Mantan Ketum PSSI ini mengatakan apa yang disampaikannya hanya pendapat pribadi.

GELAR KOORDINASI

Sementara itu, Plt Menpora Muhadjir Effendy bakal segera menggelar koordinasi terkait isu pengamanan timnas Israel di Piala Dunia U-20 2023 Indonesia. Keikutsertaan timnas Israel di Piala Dunia U-20 2023 menjadi sorotan. Beberapa pihak mengecam pemerintah Israel terkait aksi mereka di Palestina.

Sebagian menilai Indonesia tak mendukung Palestina karena mengizinkan Israel tampil di turnamen junior level dunia tersebut. Keamanan timnas Israel pun tak luput jadi pembicaraan.

"Jadi ini masih harus koordinasi dan saya baru menyiapkan pihak-pihak terkait, segera saya kontak. Intinya, kita tetap berpegang pada komitmen. Ini bukan soal kebijakan, tapi undang-undang," kata Muhadjir di kantor Kemenpora, Kamis (16/3).

"Di dalam [pembukaan] undang-undang dasar di alinea pertama itu harus betul-betul dipegang tanpa kompromi. Jadi pegangannya adalah konstitusi, 'Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu' dan seterusnya," ujarnya menambahkan.

Sebelumnya Ketua Umum PSSI yang juga Ketua Panitia Lokal (LOC) Erick Thohir memastikan keamanan timnas Israel di Indonesia. Namun dirinya menyerahkan teknis pengamanan kepada pemerintah.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD juga sudah menyiapkan berbagai jalur untuk kedatangan timnas Israel.

Soal keikutsertaan Israel di Piala Dunia U-20 2023 turut menjadi topik pembahasan internal FIFA. Sempat tersiar kabar pula Israel tidak akan satu grup dengan Indonesia dan Irak karena persoalan diplomatik. (detikcom)

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)