SMP Negeri 6 Medan Gelar Karya dan Pentas Seni Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

SMP Negeri 6 Medan Gelar Karya dan Pentas Seni Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Hendri
By -
0

Foto Kepala Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 6 Medan Ariffuddin Saat Menyaksikan Guru-Guru Bernyanyi Dalam Acara Gelar Karya dan Pentas Seni 2023
Bicaranews.com | MEDAN - Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 6 Medan menggelar Karya dan Pentas Seni tahun 2023 bertempat di halaman sekolah Jalan Bahagia Nomor 42 Kelurahan Teladan Timur, Kecamatan Medan Kota, Jumat (16/3/2023), pagi. 

Gelar Karya dan Pentas Seni Tahun 2023 dibuka secara resmi oleh Kepala SMPN 6 Medan Ariffuddin, dihadiri Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kota Medan Laksamana Putra Siregar diwakili Kasi Kurikulum SMP Prayogi, Camat Medan Kota Raja Ian Andos Lubis yang juga Alumni SMPN 6 Medan, Lurah Teladan Timur, Ibu - ibu PKK Kelurahan Teladan Timur, Pengurus OSIS SMP Negeri 3 Medan dan Pengurus OSIS SMP Negeri 15 Medan, bersama undangan lainnya. 

Dalam sambutannya, Ariffuddin mengatakan kegiatan Gelar Karya dan Pentas seni adalah bagian dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

"Atas nama sekolah, saya mengucapkan selamat kepada siswa - siswi SMPN 6 Medan dan seluruh pihak - pihak yang telah berpartisipasi sehingga acara Gelar Karya dan Pentas Seni pada hari ini bisa terlaksana dengan sukses dan lancar," ucapnya. 

Sambung Ariffuddin, Gelar Karya dan Pentas Seni ini mengambil Tema "Bhineka Tunggal Ika".

Adapun Profil Pancasila, yakni beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, kebhinekaan global, bergotong - royong, kreatif, bernalar kritis dan mandiri. Ungkap Kepala SMPN 6 Medan. 

Foto Guru SMP Negeri 6 Medan Bernyanyi Di Acara Gelar Karya Dan Pentas Seni 2023
"Selaras dengan itu kompetensi lulusan pun juga diarahkan pada peserta didik menjadi anggota masyarakat yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia," tambahnya. 

Ariffuddin juga mengatakan, dengan adanya kegiatan ini diharapkan para peserta didik dapat menampilkan potensi dirinya sendiri, tanpa intervensi dari guru maupun dari orangtuanya. Gelar Karya dan Pentas Seni ini adalah upaya membangun karakter anak - anak bangsa. 

"Peserta didik bebas menampilkan potensi mereka, baik Seni lainnya, melalui Gelar Karya dan Pentas Seni ini diharapkan akan muncul anak - anak yang memiliki bakat Seni, termasuk guru. Sehingga muncul minat siswa atau memunculkan jiwa - jiwa penekun Seni. Maka itu, ini perlu didukung," ujarnya. 

Lebih lanjut Ariffuddin menjelaskan sebagaimana Permendikbudristek Nomor 5 Tahun 2022 bahwa dalam rangka membentuk Profil Pancasila yang selaras dengan kompetensi lulusan tersebut salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), dimana acara Gelar Karya dan Pentas Seni ini penyelenggaranya kelas 7 dan pesertanya dari kelas 8 dan 9. ungkapnya

Kegiatan Gelar Karya dan Pentas Seni ini adalah peserta didik memahami kemampuan mereka sendiri dan dapat diaplikasikan melalui pengembangan bakat. Gelar Karya ini kaitannya dengan pembelajaran Pancasila, target yang ingin kita capai bagaimana anak - anak berproses dalam rangka melakukan kegiatan mandiri, juga bagaimana mengaktifkan siswa dalam melakukan kegiatan sesuai dengan kemampuannya dan bukan permintaan dari guru. (Bn) 


Pewarta : HLN

Tags:

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)