PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumut Himbau Masyarakat Maraknya Petugas Palsu, Berikut Ciri-ciri Petugas Resmi

PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumut Himbau Masyarakat Maraknya Petugas Palsu, Berikut Ciri-ciri Petugas Resmi

Hendri
By -
0

Bicaranews.com | Medan - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Utara (Sumut) memberikan himbauan kepada masyarakat terkait maraknya penipuan yang mengaku pegawai PLN.

Manajer Komunikasi PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Utara Yasmir mengatakan bahwa masyarakat Sumut harus selektif dalam menghadapi petugas yang mengatas namakan PLN.

"Diminta kepada seluruh masyarakat Sumatera Utara untuk dapat lebih selektif dalam menghadapi Petugas yg mengatas namakan PLN. Petugas PLN resmi selalu dilengkapi dengan surat tugas resmi pada saat bertugas, selain itu juga selalu mengenakan Pakaian Dinas Resmi," Ujar Yasmir kepada awak media, Senin (27/2/2023). Dikatakannya, seluruh pelanggan memiliki hak untuk menolak kedatangan petugas PLN jika tidak ditemukan surat tugas resmi ataupun pakaian yang lengkap.

"Seluruh pelanggan berhak menolak kehadiran Petugas PLN jika tidak membawa surat tugas resmi dan pakaian yang tidak standard serta dapat segera melaporkan ke Kantor PLN terdekat untuk memastikan kebenaran petugas yang sedang bekerja di lapangan," Ucapnya.

Adapun modus yang biasa digunakan oleh pelaku seperti jasa pemberian paket subsidi, pemasangan jaringan baru, menjual peralatan penghemat listrik ataupun modus lainnya.

Maka dari itu, pihak PLN mengingatkan kepada masyarakat agar tidak melayani berbagai bentuk penipuan apapun.

"Nah, itu dipastikan bukan petugas PLN, PLN tidak pernah menjual produk jasa atau barang. PLN saat ini hanya melayani jasa kelistrikan yang terdapat di dalam Aplikasi PLN Mobile," Tuturnya

Masyarakat yang mendapatkan adanya penipuan dengan mengatas namakan PLN dapat melaporkannya ke pihak yang berwajib atau melapor kepada pihak PLN melalui nomor khusus 123, akun facebook PLN 123, website www.pln.co.id, atau aplikasi PLN Mobile." Selain dari itu dipastikan bukan PLN dan wajib dilaporkan ke Pihak berwajib karena melakukan penipuan mengatasnamakan PLN," Tutupnya. 

Berikut ciri-ciri Petugas Resmi PLN : 

1. Memiliki surat tugas resmi

2. Mengenakan tanda pengenal jelas selama bertugas

3. Mengenakan seragam rapi dan beridentitas

4. Petugas PLN tidak menerima atau meminta bayaran apapun di tempat pelanggan. (t/bn)

Tags:

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)