Peringatan HPSN, Bobby Nasution Ajak Masyarakat Peduli Kebersihan Lingkungan

Peringatan HPSN, Bobby Nasution Ajak Masyarakat Peduli Kebersihan Lingkungan

Hendri
By -
0

Bicaranews.com | MEDAN - Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) diharapkan menjadi refleksi tentang perlakuan terhadap sampah yang setiap hari dihasilkan manusia dan menumbuh suburkan kepedulian terhadap lingkungan. 

Demikian disampaikan Wali Kota Medan Bobby Nasution pada Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Kota Medan yang dilaksanakan, Rabu (22/2/2023), di pelataran parkir Plaza Medan Fair. 

Kegiatan HPSN dihadiri pimpinan Forkopimda, Konsul Belanda, Konsul Jepang, pimpinan perangkat daerah, camat, komunitas pegiat lingkungan Kota Medan. 

Dalam hal ini Bobby menyampaikan harapan agar Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) ini tidak terjebak seremoni, namun dapat menumbuhkan kesadaran menjaga kebersihan lingkungan. 

"Hari ini kita coba ingat, apakah setahun belakangan ini kita sudah peduli lingkungan, bagaimana kita memperlakukan dan mengelola sampah yang kita hasilkan, inilah esensi dari kegiatan ini. Jangan sampai hari ini kita bersih-bersih sungai, besok kita buang sampah sembarangan lagi, besok kita tidak perduli lagi lingkungan," ungkapnya. 

Bobby juga menekankan kepada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Medan agar bisa memasukkan gerakan pilah sampah mulai dari rumah tangga. Diharapkan dengan gerakan ini masyarakat menjadi terbiasa memilah sampah organik dan anorganik, mana yang berpotensi diolah dan mana yang tidak berpotensi diolah. 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Suryadi mengatakan, Hari Peduli Sampah Nasional 2023 bertema" Tuntas Kelola Sampah Untuk Kesejahteraan Masyarakat" momentum ini membagkitkan semangat Kota Medan meraih penghargaan Adipura. 

"Mari bersama-sama kita gabungkan dengan semangat kolaborasi bawa pulang kembali Adipura ke Kota Medan," ucapnya. 

Untuk mewujudkan harapan itu, lanjutnya, berbagai upaya dilakukan, diantaranya merevitalisasi metode pengelolaan TPA dari open dumping menjadi sanitary landfil dan mengembangkan kawasan TPA terjun menjadi kawasan wisata. 

"Dalam waktu dekat, inas lingkungan hidup Kota Medan akan mengembangkan kerja sama dan berkolaborasi dalam menangani sampah mulai sumber hingga ke tempat pemrosesan akhir," tambahnya. 

Suryadi mengatakan, kolaborasi yang baik dengan berbagai pihak, termasuk Kecamatan, dalam menangani permasalahan Sampah sangat diharapkan agar dapat terwujud. 

Perhelatan dihadiri pelajat-pelajar Medan ditandai dengan pengumuman dan penyerahan hadiah oleh Wali Kota Medan Bobby Nasution kepada bank sampah, kecamatan, sekolah, pasar, terbaik dalam penanganan pengelolaan sampah. 

Untuk kategori bank sampah Juara I Bank Sampah Induk New Normal, Juara II TPS3R Mahkota, dan Bank Sampah Berkah. Kategori sekolah Juara I SD Swasta Siti Hajar, Juara II SDN 060925, Juara III SD Swasta Nur Cahaya, Harapan I SDN 068008, Harapan II SD Swasta Model Al Azhar.

Sedangkan kategori pasar Juara I Pasar Titi Kuning, Juara 2 Pasar Sentosa Baru, Juara III Pasar Padang Bulan, Harapan I Pasar Induk Tuntungan, Harapan II Pasar Muara Takus. Kategori Kecamatan Juara I Kecamatan Medan Tuntungan, Juara II Kecamatan Medan Johor, Juara III Kecamatan Medan Baru. (Bn)

Tags:

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)