Bupati Tapanuli Utara Terima Piagam Penghargaan Kabupaten Peduli HAM Pada Peringatan Hari HAM Sedunia Ke - 74 - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

Bupati Tapanuli Utara Terima Piagam Penghargaan Kabupaten Peduli HAM Pada Peringatan Hari HAM Sedunia Ke - 74

Bicaranews.com | Taput - Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M.Si atas nama Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara terima piagam penghargaan sebagai Kabupaten/ Kota Peduli Hak Asasi Manusia tahun 2021 pada acara Peringatan Hari Hak Asasi Manusia Sedunia ke-74 Tahun 2022, dengan tema “Pemajuan Hak Asasi Manusia Untuk Setiap Orang”; Advancing Human Rights for Everyone yang diselenggaran di Golden Ballroom, Hotel Sultan & Residence Jl. Gatot Subroto, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (12/12/2022).

Acara tersebut dihadiri oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Prof.Dr. (H.C.) K.H. Ma'ruf Amin para Menteri Kabinet Kerja Presiden Jokowi, Gubernur dan Walikota/Bupati se-Indonesia, Pimpinan Tinggi Madya Kemenkumham RI, Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama Kota/Kabupaten se-Indonesia, Kepala Kantor Wilayah dan Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM se-Indonesia, Para Kepala Unit Pelaksana Teknis Kemenkumham di setiap Provinsi, Para pimpinan Mitra Kerja Kemenkumham, para tamu undangan khusus lainnya.

Tema Peringatan Hari HAM di Indonesia yaitu Pemajuan Hak Asasi Manusia Untuk Setiap Orang Menuju Indonesia Maju, dinilai memiliki makna yang mendalam. Demikian diutarakan Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly, dalam laporannya

Tema hari HAM yang dipilih oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tahun ini merefleksikan hak setiap manusia adalah sama, baik martabat, kebebasan dan keadilan (Dignity Freedom dan Justice for All). Hak Asasi Manusia menjadi amanat yang tidak terpisahkan. Membangun kesadaran akan pentingnya penjaminan kehidupan yang manusiawi bagi setiap warga negara adalah dasar utama bagi Aparatur Sipil Negara melaksanakan P5HAM, yaitu kesadaran mendalam bahwa tanpa upaya Negara, Pemerintah, dan kita semua untuk mewujudkannya, hak asasi manusia hanya akan menjadi goresan hitam di atas kertas putih.

Wakil Presiden RI menggaris bawahi segala capaian yang telah kita raih dalam pemajuan HAM, tidak membuat kita puas sampai di titik ini saja, melainkan menjadi batu loncatan untuk menggapai sasaran yang lebih  tinggi  lagi  dalam rangka pemenuhan HAM bagi  seluruh masyarakat Indonesia. 

“Pemerintah Indonesia selalu berkomitmen untuk menghormati, melindungi, memenuhi, menegakkan, dan memajukan hak asasi manusia di bumi Indonesia tercinta, “ pungkasnya.

Bupati Taput Nikson Nababan didampingi Kabag Hukum Setdakab Taput Welly Simanjuntak, SH, MH. menyampaikan terimakasih kepada Kemenkumham , telah memberikan kepercayaan dan berdasarkan penilaian yang tepat, sehingga Kabupaten Tapanuli Utara terpilih dari sekian banyaknya Kabupaten/Kota di Indonesia, khususnya di Wilayah Sumatera Utara. Dimana Kabupaten Tapanuli Utara merupakan salah satu kinerja terbaik dan berprestasi dalam peduli Hak Azasi Manusia. 

“Ini semua berkat atas kerjasama semua Stakeholder, dan Masyarakat Tapanuli Utara sendiri yang masih menjunjung kearifan lokal dan budaya, kini Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara mendapatkan penghargaan Peduli Hak Asasi Manusia yang dirangkaikan dengan Hari HAM sedunia Ke - 74, di Jakarta dan  dihadiri oleh Bapak  Wakil Presiden RI K.H. Ma'ruf Amin,” ujar Bupati Nikson Nababan.

“Untuk informasi, penilaian Kota/Kabupaten peduli HAM dilaksanakan berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Permenkumham) yang dikeluarkan oleh Yasonna Hamonangan Laoly Nomor 34 Tahun 2016 tentang Kriteria daerah Kabupaten/Kota, peduli HAM” lanjut Bupati Nikson Nababan.

"Dari Provinsi Sumatera Utara hanya ada 2 Kabupaten yang menerima Penghargaan Kabupaten/Kota Peduli HAM dan memenuhi indikator penilaian, yaitu Kabupaten Tapanuli Utara dan Kabupaten Karo,” tutup Bupati Nikson Nababan. (Bn) 


Pewarta : Maruli

Diberdayakan oleh Blogger.