Ketua Dekranasda Taput Harapkan Pelaku IKM Jujur dan Tulus Berkarya Serta Meningkatkan Daya Saing - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

Ketua Dekranasda Taput Harapkan Pelaku IKM Jujur dan Tulus Berkarya Serta Meningkatkan Daya Saing


Bicaranews.com|Taput - Ketua Dekranasda Tapanuli Utara Satika Simamora,SE,MM didampingi Kepala Dinas Koperasi, UKM Perindag Gibson Siregar membuka Pelatihan Pengelolaan Bisnis dan Manajemen Wirausaha Kabupaten Tapanuli Utara, bertempat di Bhinneka Resto & Cafe, Kecamatan Sipoholon. Senin (22/8/2022).

Kegiatan diikuti 30 peserta pelaku IKM (Industri Kecil Menengah) dari 3 Kecamatan yaitu Tarutung, Sipoholon dan Adiankoting mulai 22 hingga 26 Agustus 2022, bertujuan untuk memberikan pelatihan dalam rangka meningkatkan Sumber Daya Manusia, meningkatkan Daya Saing IKM dan meningkatkan prospek pasar. 

Narasumber pada kesempatan tersebut dari Badan Diklat Industri Kementerian Perindustrian O. K. Guntur Alamsyah, Nazliana dan Bagas Albar dalam kegiatan yang dibiayai dari anggaran DAK Non Fisik Bidang Industri Kecil Menengah Kementerian Perindustrian Tahun 2022 ini. 

Dalam sambutan Ketua Dekranasda Satika Simamora mengajak 30 pelaku IKM untuk serius mengikuti bimtek yang digelar selama 5 hari ini. 

"Sebagai ketua Dekranasda, saya berharap para pelaku IKM untuk serius mengikuti pelatihan yang di gelar Pemerintah ini. Jangan sia-sia kesempatan ini dan ambil ilmu sebanyak-banyaknya. Pelaku IKM harus rajin membaca, belajar bahkan mengikuti pelatihan seperti hari ini," ujar Satika Simamora mengawali. 

Satika Simamora juga menekankan pentingnya kejujuran dan ketulusan dalam melakukan aktivitas industri. 

"Dalam melaksanakan aktivitas usaha yang paling utama adalah ketulusan dan kejujuran, hal ini sangat penting untuk menjaga kepercayaan pelanggan dan kebersinambungan IKM, saya berharap kita semua sepemahaman. Kedua, hal yang tidak kalah pentingnya adalah pengetahuan atas kebutuhan dan selera pasar. Ketiga, konsisten dan kreatif dalam berkarya," sambung Satika Simamora. 

Satika Simamora juga mengajak pelaku IKM untuk saling mendukung dan berkolaborasi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Tapanuli Utara. 

"Ibu juga mengajak kita semua untuk saling bekerjasama antar pelaku IKM dan pemerintah untuk memajukan SDM, Daya Saing Produk dan Daya Saing IKM demi kesejahteraan masyarakat Tapanuli Utara. Jangan sesekali melakukan persaingan yang tidak sehat atau saling menjatuhkan. Kita semua harus saling menghargai, menghormati dan tetap mengutamakan kejujuran dan ketulusan," tutup Satika Simamora selanjutnya menyerahkan dana pengganti transportasi dan akomodasi kepada seluruh peserta pelatihan

Dalam kesempatan sebelumnya, Kadis Koperasi, UKM Perindag Gibson Siregar menyampaikan apresiasi atas kepedulian dan dukungan Ketua Dekranasda Taput sehingga pelatihan ini dapat terlaksana. 

"Kita patut berterima kasih kepada Ketua Dekranasda Tapanuli Utara atas dukungan dan lobi-lobi ke Pemerintah Pusat sehingga pelatihan ini dapat kita laksanakan. Peserta terdiri dari pelaku IKM penenun ulos, pengerajin sapu dari ijuk serta bidang kuliner adalah pahlawan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat di Kabupaten Tapanuli Utara," ucap Gibson Siregar. (bn) 



Pewarta : Maruli

Diberdayakan oleh Blogger.