Sasar 88.506 Pekerja Informal, Bupati Paluta Tampung Sebagian Iuran Jamsostek di APBD – Perubahan 2022

Sasar 88.506 Pekerja Informal, Bupati Paluta Tampung Sebagian Iuran Jamsostek di APBD – Perubahan 2022

Rambe
By -
0

Dr Sanco  Simanullang

Bicaranews.com|Padang Sidempuan -Bupati Andar Amin Harahap, S.S.T.P., MSi mengungkapkan Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) merencanakan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan yang dilakukan secara bertahap, guna melindungi setidaknya 88.506 jiwa dari berbagai segementasi sektor pekerjaan.

Selain pekerja dari sektor keagamaan, Bilal mayit, Nazir masjid, pendeta dan pekerja sosial, juga akan menjangkau petani, pedagang, tukang dan pekerja informal yang tidak mampu membayar iuran jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian senilai Rp 16.800 per bulan.

Hal itu diungkapkan Bupati, Kamis (17/03/2022) pekan lalu, saat menerima kunjungan Kepala BPJS ketenagakerjaan Kantor Cabang Padang Sidempuan Dr. Sanco Simanullang dan Kepala Kepesertaan Yuliandi Syahputra.

Sebagai Kepala Daerah, Andar mengungkapkan untuk menindaklanjuti seluruh aturan pusat,  utamanya  Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2021 sebagai implementasi Undang-undang BPJS No 24 tahun 2011, pihaknya akan terus mendorong perlindungan bagi pekerja,  khususnya tenaga kerja rentan yang tidak memiliki kemampuan membayar iuran di wilayah itu.

"Coba nanti Pak Sekretaris dijadwalkan kapan pertemuan dengan seluruh OPD terkait untuk hadir, libatkan pihak perusahaan dan berikan paparan tentang Jamsostek ini," jelas Andar.

Lantaran Undang undang BPJS juga sudah jelas regulasinya, terutama dalam perizinan yang melibatkan pendaftaran izin usaha, agar penerapannya dilapangan  berjalan optimal dan tepat.

"Bahkan setiap perizinan yang berhubungan dengan Pemda wajib menyertakan dan mewajibkan perlindungan ini, sebelum izin usaha terbit," imbuh Bupati.

"Intinya saya mendukung, nanti bagaimana teknisnya agar dibicarakan lebih lanjut dan yang paling memungkinkan, ya, di  APBD Perubahan, adalah lah nanti, kita akan dukung. Karena ini kan sudah lewat penaggangaran tahun lalu. Saya tertarik yang 88.506 pekerja rentan ini," tambah Bupati.

"Kendati nanti tidak semua bisa ditampung di APBD, pekerjaan ini dapat pula dilakukan melibatkan Corporate Social Responsibilities (CSR) dan pembiayaan secara mandiri oleh berbagai kelompok masyarakat yang mampu berkontribusi," tutup Andar.

PENTINGNYA PERDA JAMSOSTEK

Kepala Jamsostek Sidempuan Dr Sanco  Simanullang menyampaikan berdasarkan data yang Kementerian Dalam Negeri, Kabupaten Padang Lawas Utara ini memiliki penduduk 270.034 jiwa, dimana 33.131 pekerja formal yang bekerja di perusahaan.

"Kalangan usaha sebanyak 33.13 jiwa wajib melindungi karyawan dalam Undang undang. Dapat didorong lewat kebijakan daerah yaitu Perd. Lalu ada 88.506 orang pekerja rentan yang menjadi fokus kita bersama dalam melindunginya," jelas Dr  Sanco dalam siaran persnya, Kamis, 24/03/2022).

Sedangkan sisanya sebanyak 148.397 jiwa bukan coverage Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, karena usia mereka bukan usia kerja lagi.

“Kami siap terus mendukung pelaksanaan perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Padang Lawas Utara ini Pak Bupati, sehingga tahun depan kita dapat bersaing dengan Kab/Kota lain untuk bertarung di Nasional memperebutkan Penghargaan Paritrana Award dari Presiden, ” tutup Sanco mengenakan baju batik merah. (bn/Mader)

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)