Selain Resapan Air, Bobby Nasution Akan Jadikan Danau Buatan Martubung Jadi Kawasan Wisata Air - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

Selain Resapan Air, Bobby Nasution Akan Jadikan Danau Buatan Martubung Jadi Kawasan Wisata Air

Bicaranews.com|Medan - Wali Kota Medan Bobby Nasution meninjau danau buatan Martubung/Danau Laguna yang berada di Jalan Danau Laguna, Kelurahan Besar, Kecamatan Medan Labuhan, Rabu (2/2/2022).

Dalam peninjauan itu, Bobby turut didampingi Wakil Wali Kota H Aulia Rachman, Sekda Kota Medan Wiriya Alrahman, Asisten dan sejumlah pimpinan OPD Kota Medan. 

Di tempat tersebut, Bobby melihat pengorekan atau pembersihan Danau Laguna dari eceng gondok menggunakan dua alat berat. 

Sebab, selama ini danau buatan tersebut ditumbuhi eceng gondok sehingga fungsinya sebagai kawasan resapan air tidak berfungsi. Kondisi itu menyebabkan kawasan tersebut rentan banjir.

Dengan adanya pengorekan tersebut yang bertujuan untuk meminimalisir terjadinya banjir, Bobby berharap dapat menjadikan Danau laguna sebagai kawasan wisata air.

 “Pengerukan yang dilakukan ini untuk mengembalikan fungsi Danau Laguna sebagai  kawasan resapan air. Di samping itu juga pengorekan ini sebagai upaya kami untuk menjadikan danau buatan ini sebagai kawasan wisata air nantinya," ungkap Bobby.

Sebelumnya juga, pada awal tahun 2020, Pemko Medan telah berencana mengembalikan fungsi danau tersebut sebagai kawasan resapan air (hydrologis) dan akan melakukan penataan untuk menjadikan tempat wisata.

Saat itu,  Pemko Medan juga telah melakukan pengorekan dan pembersihan eceng gondok dari permukaan danau.  Namun,  pengorekan itu tidak berlangsung lama. Seiring berjalannya waktu,  permukaan sudah dibersihkan kembali dipenuhi eceng gondok dan rencana tersebut tidak menunjukka hasil.  (bn01)

Diberdayakan oleh Blogger.