Tim Fakultas Hukum USU Melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat di Humbahas Tentang Pentingnya Surat Tanah - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

Tim Fakultas Hukum USU Melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat di Humbahas Tentang Pentingnya Surat Tanah

Bicaranews.com|Humbahas - Tim Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara (USU) melakukan pengabdian kepada masyarakat di Desa Ria-ria, Kecamatan Pollung, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), (15/11/2021).

Kegiatan penyuluhan yang dilaksanakan pada 15 Novermber  2021 tersebut dilaksanakan di Kantor Desa Ria-ria dan dihadiri sekitar kurang lebih 50 anggota masyarakat . 

Dalam pelaksanaan itu, beranggotakan 4 (empat) Dosen yakni Prof. Dr. Muhammad Yamin, S.H.,M.S,CN, Dr. Zaidar, S.H.,M.Hum, Affan Mukti, S.H.,M.Hum, Mariati, S.H.,M.Hum, serta membawa 3 (tiga) mahasiswa yaitu Saut Martahi Simamora, Marihod Tua Lubis dan Jesselyn Olivia Kurniadi.

Dalam pengabdiannya , Tim Pengabdian Hukum USU mengusung dua topik, topik pertama tentang “Pentingnya Surat Tanah Sebagai Dasar Kepemilikan Guna Menjamin Kepastian Hukum” dan topik kedua tentang “Penyuluhan Hukum Pertanahan Dalam Menunjang Kegiatan Ekonomi Rakyat Berbasis Tanah Adat di Masyarakat Pedesaan”

“Mengapa sertifikat sangat kuat pembuktiannya, karena publisitas dan spesialitas dari pendaftarannya dan kebendaannya berlaku bagi pihak ketiga. Sertifikat juga memuat mengenai data fisik dan data yuridis yang termuat didalamnya, sesuai dengan data yang ada dalam surat ukur dan buku tanah bersangkutan. Oleh karena itu, sertifikat sebagai bukti yang kuat, datanya harus diterima sebagai data yang benar sepanjang tidak terbukti sebaliknya,” ungkap salah satu peserta Prof. Dr. Muhammad Yamin, S.H.,M.S,CN dalam relis yang diterima wartawan.

Desa Ria-ria dijadikan sebagai objek pengabdian karena merupakan salah satu Kawasan agrobisnis dengan potensi pengembangan yang cukup besar dan dipersiapkan menjadi salah satu dari bagian lumbung pangan (food estate) yang dipersiapkan di 4 kabupaten sekitar Danau Toba.

Sepanjang acara berjalan dengan lancar disertai dengan antusiasme masyarakat selama mengikuti program penyuluhan hukum dari Tim Fakultas Hukum USU.(rel/bn01)

Diberdayakan oleh Blogger.