Wali Kota Minta Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Rutin Dilakukan demi Menjaga Kualitas Udara di Medan - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

Wali Kota Minta Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Rutin Dilakukan demi Menjaga Kualitas Udara di Medan

Bicaranews.com|Medan - Wali Kota Medan Bobby Afif Nasution melakukan uji emisi gas buang kendaraan bermotor milik masyarakat di parkiran Makam Pahlawan Jalan Sisingamangaraja, Selasa (12/10/2021). Selain melakukan pengujian dengan memasukkan alat uji ke dalam knalpot kendaraan, Bobby juga menempelkan stiker tanda lulus pada kendaraan yang hasil uji emisi gas buang keluarnya baik dan masih di bawah ambang batas.

 Diketahui, uji emisi gas buang kendaraan bermotor itu merupakan kegiatan Evaluasi Kualitas Udara Perkotaan (EKUP) yang digelar Pemko melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Medan, sebagai upaya menjaga kualitas udara di Kota Medan agar tetap bersih serta menekan polusi udara.

Dikatakan Bobby, kegiatan itu rutin dilakukan setiap tahun tapi sempat terhenti sejak pandemi Covid-19. Diakui, uji emisi gas buang kendaraan bermotor kembali digelar meski PPKM di Medan masih level 2, untuk menjaga kualitas udara di Kota Medan. Bobby juga meminta agar uji emisi tidak digelar demi menghabiskan anggaran, tapi untuk mengoptimalkan fungsi DLH dalam menjaga lingkungan.

 Sementara Kepala DLH Medan Zulfansyah menjelaskan, kegiatan EKUP itu bagian dari monitoring lingkungan hidup berdasarkan Surat Edaran Dirjen Pengendalian Pencemaran Udara Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan No5/21 tahun 2017 tentang pengelolaan kualitas udara dengan cara mengurangi beban pencemaran udara melalui pengukuran emisi.

 "Uji emisi gas buang kendaraan bermotor ini dilakukan 2 hari. Besok dilakukan di Kawasan Tomang Elok. Ada 250 kendaraan bermotor yang akan diuji dengan lingkup capaian kinerjanya, yaitu emisi gas kendaraan, survei kinerja lalu lintas dan pemantauan kualitas udara tepi jalan raya," katanya. (rel/bn)

Diberdayakan oleh Blogger.