Paus Fransiskus Berduka, Kardinal Tertua Gereja Katolik Meninggal Dunia - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

Paus Fransiskus Berduka, Kardinal Tertua Gereja Katolik Meninggal Dunia

Bicaranews.com - Paus Fransiskus dikabarkan sedang berduka dan telah menyampaikan belasungkawanya atas kematian Kardinal Prancis Albert Vanhoye.

Kardinal Albert merupakan rekan Yesuit Paus Fransiskus dan menjadi kardinal tertua di dunia yang mendampingi Bapa Suci melayani umat Katolik.

Melansiar aleteia.org, Kardinal Vanhoye diketahui meninggal 29 Juli pada usia 98 tahun, hanya lima hari setelah ulang tahunnya. Ia diangkat menjadi kardinal pada tahun 2006.

Jumlah Kardinal Berkurang

Sekarang ada 123 Kardinal Pemilih dari 220 Kardinal yang masih hidup. Kardinal yang berusia di atas 80 tahun tidak lagi memenuhi syarat untuk memilih paus berikutnya dalam sebuah konklaf.

Ada dua kardinal berusia 97 tahun: Kardinal Jozef Tomko, seorang pensiunan uskup dari Kuria Romawi; dan Alexandre Cardinal dos Santos, pensiunan uskup agung Maputo, Mozambik.

Kardinal termuda, sementara itu, adalah Dieudonné Kardinal Nzapalainga, uskup agung Bangui, Republik Afrika Tengah.

Surat Paus Fransiskus

Dalam sebuah  telegram yang  diterbitkan oleh kantor pers Vatikan pada 30 Juli 2021, Paus Fransiskus menyampaikan belasungkawa kepada Serikat Yesus dan semua kerabat Kardinal Vanhoye. 

Surat Paus ditujukan kepada Pastor Manuel Morujao, atasan kediaman San-Pietro-Canisio (Roma) di mana prelatus itu tinggal.

Paus mengatakan dia mengingat dengan kasih sayang dan kekaguman terhadap kardinal yang melayani Tuhan dan Gereja dengan dedikasi yang besar.

Merujuk pada kualitasnya sebagai sarjana alkitabiah, Bapa Suci mengungkapkan kekagumannya atas kerja keras Vanhoye sebagai seorang religius yang bersemangat.

Dia mengakhiri suratnya dengan memberikan berkat apostoliknya kepada semua orang yang berduka atas kematian Kardinal Vanhoye dan meminta Perawan Maria untuk menyambut hamba yang setia ini.

Pemakaman Kardinal Vanhoye akan diadakan pada tanggal hari ini, 31 Juli pukul 11 ​​pagi di Basilika Santo Petrus di Roma dan akan dirayakan oleh Kardinal Leonardo Sandri, Prefek Kongregasi untuk Gereja-Gereja Timur.(ikatolik)

Diberdayakan oleh Blogger.