Bawaslu Buka Pendaftaran Online SKPP 2021 - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

Bawaslu Buka Pendaftaran Online SKPP 2021

Suhadi Sukendar Situmorang

Bicaranews.com|Medan - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) membuka pendaftaran online Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif (SKPP) 2021.

Program Bawaslu ini bukan peluang untuk mendapat pekerjaan, tetapi merupakan bentuk pengabdian dan kepedulian masyarakat dalam memperbaiki kualitas Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

"Untuk masa pendaftaran SKPP tersebut telah diumumkan melalui akun media sosial milik Bawaslu seluruh Indonesia sejak 24 hingga  28 Mei 2021," ujar Komisioner Bawaslu Sumut, Suhadi Sukendar Situmorang, Rabu, (26/5/2021). 

Diterangkan Suhadi, pendaftaran SKPP Tahun 2021 dibuka di 304 kabupaten/kota seluruh Indonesia dengan tingkat pendidikan mulai dari dasar, menengah, hingga lanjut. 

"Pelaksanaan SKPP Tahun 2021 ini akan dilaksanakan secara luring (Luar Jaringan) dan tersebar di 100 titik kabupaten/kota se Indonesia dimulai pada Bulan Juni hingga Oktober 2021," terangnya. 

Lebih lanjut Suhadi menjelaskan, SKPP ini merupakan program pendidikan yang dicanangkan Bawaslu untuk menanamkan nilai-nilai pengawasan serta memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang kepemiluan.

"Dengan harapan agar kedepannya masyarakat mengetahui dan paham serta dapat berpartisipasi dalam mengawasi setiap tahapan pemilu/pemilihan. Dan harapan kami SKPP ini juga menghasilkan aktor-aktor pengawas dan kader-kader Penggerak Pengawas Partisipatif di semua lapisan masyarakat Indonesia, khususnya di Sumut," jelas Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antarlembaga (PHL) Bawaslu Sumut ini. 

Bagi warga masyarakat yang berminat, ungkap Suhadi, sudah dapat mendaftar mulai 24 Mei hingga 28 Mei 2021 mendatang. 

"Untuk Syarat dan ketentuannya, antara lain usia minimal 20 tahun dan maksimal 30 tahun, pendidikan minimal SMA atau sederajat. Diutamakan yang punya pengalaman sebagai pengurus organisasi atau komunitas, tidak pernah jadi anggota partai politik dan belum pernah mengikuti SKPP di luar jaringan," ungkapnya. 

Persyaratan lainnya, kata Suhadi ialah  belum pernah menjadi penyelenggara pemilu/pemilihan adhoc, tidak pernah menjadi tim kampanye atau tim sukses pasangan calon tertentu, tidak pernah terlibat kasus hukum dan bebas dari narkoba.

"Untuk itu, Bawaslu mengajak warga masyarakat yang memenuhi persyaratan agar segera mendaftarkan diri sebagai peserta SKPP sebelum batas pendaftaran berakhir lewat laman https://skpp.bawaslu.go.id/registrasi/. Bersama rakyat, awasi pemilu. Bersama Bawaslu tegakkan keadilan pemilu," pungkas mantan Ketua KPU Samosir periode 2013-2018 ini. 

Sebagai informasi, Tahun 2020 lalu, jumlah pendaftar pada program SKPP di Sumut berjumlah 1.621 orang. Namun, setelah proses seleksi administrasi, 1.475 orang yang dinyatakan  memenuhi persyaratan untuk mengikuti SKPP tersebut.

sumber:hariansib

Diberdayakan oleh Blogger.