BNPB Bakal Beri Bantuan Rp 50 Juta untuk Rumah Rusak Berat Akibat Badai Seroja di Kupang

BNPB Bakal Beri Bantuan Rp 50 Juta untuk Rumah Rusak Berat Akibat Badai Seroja di Kupang

Rambe
By -
0

Bicaranews.com|Kupang - Kepala Badan Nasional Penggulangan Bencana (BNPB) Republik Indonesia Doni Monardo datang melihat langsung kondisi kerusakan akibat badai seroja di kabupaten Kupang,tepatnya di Taklale kecamatan Kupang Timur dan beberapa lokasi lainnya yang mengalami kerusakan.

Kehadiran Kepala BNPB bersama Wakil Gubernur NTT Yosep Nae Soi, Sabtu (10/4/2021) melihat secara langsung kondisi kerusakan rumah warga juga memantau situasi penampungan pengungsi Badai seroja. 

Kepada Bupati Kupang Korinus Masneno, Doni Monardo mengakui akan memberikan bantuan dengan kategori kerusakan rumah warga secara berjenjang, mulai dari Rp 50 Juta bagi KK yang rumahnya rusak berat. Sedangkan untuk rumah warga yang rusak sedang dan ringan akan disesuikan sesuai kebutuhan perbaikan rumah warga.

“Kepala Badan bencana pusat dalam rangka melihat langsung kerusakan rumah warga,dan akan memberikan bantuan Rp. 50 juta untuk rumah yang rusak berat.Sedangkan yang rusak sedang dan ringan diberikan bantuan secara berjenjang," ujar Bupati Kupang Korinus Masneno.

Masneno mengakui sudah menyerahkan langsung data kerusakan rumah warga kabupaten Kupang kepada kepala BNPB Doni Monardo sebanyak 6 ribu lebih rumah yang rusak. Dengan kategori yang rusak berat ada 3 ribu lebih rumah, rusak sedang ada 2 ribu lebih dan rusak ringan ada 9 ratus lebih rumah.

“Datanya kita serahkan by name by address dengan kartu keluarga sehingga bantuan yang diberikan tepat sasaran sesuai kerusakan rumah yang dialamu warga," ungkap Masneno.

Ia juga menyampaikan kepada Doni Monardo bahwa pengungsi yang ada di Kabupaten Kupang,awalnya ditampung digereja dan sekolah namun sudah diarahkan untuk menginap tahan dirumah keluarga sambil kita berupaya memperbaiki rumah warga.

Kepala BNPB diakuinya akan kembali datang melihat warga pengungsian sekaligus membawa bantuan bagi korban bencana badai seroja dikabupaten Kupang.

Kedatangan Kepala BNPB kali ini disebut Masneno sekaligus menyerahkan bantuan uang sebesar Rp. 500 juta untuk operasional BPBD diseluruh Kabupaten Kupang dalam menangangi pengungsi.

Kunjungan kepala BNPB bersama Wagub NTT diterima langsung oleh Bupati Kupang, Kapolres Kupang, Kepala Dinas Sosial, Kepala BPBD, serta pengungsi di lokasi penampungan Taklale kecamatan Kupang Timur.(obornus)

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)