Ini Layanan Koridor Bus Trans Metro Deli di Medan

Ini Layanan Koridor Bus Trans Metro Deli di Medan

Rambe
By -
0

Bicaranews.com|Jakarta - Dalam rangka mendukung mobilitas masyarakat Medan, Pemerintah Kota Medan yang bekerjasama dengan Kementerian Perhubungan menghadirkan layanan bus kota Trans Metro Deli. Layanan ini rencananya akan mengusung konsep Buy The Service (BTS) yang akan menggunakan layanan Teman Bus.

Program ini adalah sebagai langkah awal implementasi dari program Buy The Service (BTS) yang memberikan subsidi penuh bagi operator dengan fasilitas pendukung yang lebih baik. Kemenhub juga menghadirkan sistem TEMAN BUS yang memiliki arti Transportasi Ekonomis, Mudah, Andal, dan Nyaman (TEMAN).

Penumpang hanya menyiapkan kartu non tunai dan dapat membuka aplikasi TEMAN BUS di smartphone untuk melihat rute, jadwal kedatangan dan keberangkatannya. Sehingga penumpang lebih mudah dalam mobilisasi di kawasan perkotaan.

Layanan ini melayani 5 koridor lintasannya,  yakni: Koridor 1 Terminal Pinang Baris–Lapangan Merdeka. Koridor 2 Terminal Amplas–Lapangan Merdeka. Koridor 3 Belawan–Lapangan Merdeka. Koridor 4 Medan Tuntungan-Lapangan Merdeka dan Koridor 5 Tembung - Lapangan Merdeka.

Program ini menggunakan kendaraan jenis bus besar dan bus sedang dengan tipe low entry. Bus tersebut juga dilengkapi dengan kursi prioritas dan area untuk penumpang disabilitas (kursi roda).

“Program Buy The Service memberikan kesempatan bagi BUMD dan swasta kecil untuk memilki PO-PO bus. Kita akan subsidi melalui lelang. Saya akan mengusulkan agar ini pengelolaan ini nantinya bisa multiyears hingga lima tahun,” ungkap Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.

Untuk menggunakan layanan Teman Bus ini, penumpang hanya menyiapkan kartu non tunai, dan dapat membuka aplikasi Teman Bus (Playstore/Appstore) untuk melihat rute, jadwal kedatangan dan keberangkatannya. sehingga penumpang lebih mudah dalam mobilisasi di kawasan perkotaan.

Menteri Perhubungan yang hadir dalam Kunjungan Kerjanya di Medan, pada Minggu (08/11/2020) lalu mengatakan, program Buy The Service memberikan kesempatan bagi BUMD dan pengusaha atau perusahaan swasta kecil, yang bergerak di bidang transportasi darat, untuk bisa memilki PO-PO bus.(t/bn)

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)