Perbukitan Kawasan Danau Toba di Samosir Terbakar - Bicara News | Bicara Membangun Nusantara

Header Ads

Header ADS

Perbukitan Kawasan Danau Toba di Samosir Terbakar

Bicaranews.com|Samosir - Perbukitan hutan dan lahan di Kawasan Danau Toba, persisnya di Desa Tamba dan Sagala, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, terbakar pada Jumat, 30 Oktober 2020.

Informasi dihimpun dari Engel Bertha Silalahi warga sekitar. Dia menyebut, kejadian kebakaran sudah berlangsung sejak satu hari kemarin. Awal kebakaran diperkirakan dari kawasan hutan Desa Sagala.

Bertha mengatakan, informasi kejadian kebakaran sudah disampaikan kepada pihak terkait agar segera melakukan penanggulangan dini.

"Sudah merambat luas. Informasi video sudah kami sampaikan kepada polisi," kata Bertha dikutip dari Tagar, Jumat (30/10/2020).

Bertha mengatakan hingga Jumat sore, api masih terus merambat di perbukitan dua desa tersebut.

"Sejauh pandangan dari Danau Toba, kami lihat api masih terus merambat hingga sore hari tadi," terangnya.

Kapolres Samosir AKBP Muhammad Saleh menyebut, areal hutan yang terbakar telah ditelusuri jajarannya guna melakukan pengecekan lokasi.

Dijelaskan, hingga saat ini pihaknya belum bisa memperkirakan luasan areal lahan terbakar. "Saat ini perwira pengawas dengan personel polsek mengecek lokasi. Kami masih menunggu hasil laporan anggota di lapangan," terang Saleh.

Muller Tamba selaku Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Samosir belum berhasil dimintai keterangan tentang upaya dini penanggulangan yang dilakukan. (tagar/bn)

Diberdayakan oleh Blogger.